AMBON, Siwalimanews – Kendati MBD masuk dalam zona hijau, namun masyarakat di kabupaten itu tetap diingatkan untuk disiplin taati protokol kesehatan. Pjs Bupati MBD Melky Lohy saat kunjungan kerjanya di Kecamatan Pulau-Pulau Babar, pekan kemarin mengingatkan masyarakat setempat untuk taat terhadap aturan pemerintah.

Dalam kunjungan tersebut bupati didampingi Wakapolres MBD, Kasdim 1511/Pulau Moa, Sekretaris Daerah MBD, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kunjungan kerja ini juga sekaligus sosialisasi Peraturan Bupati MBD Nomor 28 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Lohy dalam kesempatan itu menceritakan pengalaman dirinya sebagai pasien Covid-19, oleh karena itu beliau mengharapkan dengan ditetapkannya Perbup ini, agar masyarakat tidak main-main. Pengalaman di Kota Ambon membuktikan bahwa sampai hari ini penyebaran Coviod-19 belum dapat dikendalikan dengan baik.

Karena MBD berada zona hijau, ia meminta kepada seluruh komponen masyarakat

Baca Juga: Gelar Meeting Bahas Inflasi dan PED di Malteng

bertindak  tegas dan disiplin kepada setiap pergerakan orang yang masuk ke wilayahnya.

“Kepala desa harus teliti dan menyelidiki setiap pendatang yang masuk ke daerahnya melebihi 1 x 24 jam,” tegasnya.

Disamping menjelaskan tentang Covid-19, Lohy juga memperkenalkan dirinya kepada masyarakat Kecamatan Pulau-pulau Babar, dalam kaitannya sebagai Pjs Bupati MBD selama 71 hari dengan tiga tugas utama yakni, menjalankan pemerintahan dengan lancar, aman dan damai, penyelenggaran Pilkada dalam kondisi aman, nyaman dan sukses dan yang terakhir adalah memotong pele  Covid-19 di Kab. MBD.

Ia berharap adanya pengembangan sumber daya manusia untuk anak-anak MBD dimasa yang akan datang, sehingga sumber daya alam yang dimiliki oleh kabupaten ini dapat dikelola dengan baik.

Untuk penyelenggraan pilkada, Lohy mengharapkan agar semua aparatur desa bersikap netral, menjadi juru damai dan tidak memihak kelompok orang tertentu. Ia juga mengharapkan, agar seluruh masyarakat di Kabupaten MBD mendukung penyelenggagraan Pilkada pada  9 Desember 2020 nanti,  melalui doa bersama agar pilkada MBD dapat berjalan dengan damai dan aman.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan pemberian bantuan Dinas Perhubungan Kabupaten MBD berupa  mesin genset 3 Kilo kepada 2 Pastori Jemaat di Kecamatan PP. Babar. (S-19)