JAKARTA, Siwalimanews – Masker berbahan sutra disebut lebih efektif mencegah penyebaran virus corona, dibandingkan yang berbahan katun. Akan lebih optimal lagi, bila masker tersebut digunakan bersama dengan alat bantu pernapasan.

Demikian sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

Dalam analisis tentang jenis kain apa yang terbaik saat membuat masker buatan sendiri, para peneliti mengatakan bahan ini tidak hanya nyaman tetapi juga pemakainya mudah bernapas dan mencegah kelembapan.

“Sifat ini yang dibutuhkan dalam memerangi virus di udara,” tulis peneliti dilansir dari Foxnews.

Mereka juga menyatakan sutra mengandung sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus alami, dan bila digunakan dalam konjugasi dengan respirator, hasilnya mirip dengan masker bedah, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Baca Juga: Petugas Satpol PP di Kediaman Walikota Positif Corona

Para peneliti mencatat bahwa banyak petugas kesehatan memakai masker bedah di atas respirator N95 mereka dalam upaya melindungi dan memperpanjang umur N95.

Temuan mereka menunjukkan bahwa masker sutra mungkin merupakan alternatif yang sama efektifnya untuk masker bedah dalam skenario ini, karena persediaan masker bedah terbatas, kata mereka.

Lebih khusus lagi, tembaga yang ditemukan dalam sutra terbukti bermanfaat saat menggunakan bahan ini untuk membuat masker wajah.

“Tembaga adalah kegemaran besar sekarang. Sutra mengandung tembaga di dalamnya. Ngengat sutra domestik memakan daun mulberry. Mereka memasukkan tembaga dari makanan mereka ke dalam sutra,”

Patrick Guerra, asisten profesor biologi di Fakultas Seni dan Sains Universitas Cinncanti, mencatat bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan tembaga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus saat kontak.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menguji kain katun dan poliester bersama dengan beberapa jenis sutra untuk melihat seberapa efektif masing-masing penghalang untuk menolak air, mewakili tetesan pernapasan yang mengandung virus.

Mereka memutuskan bahwa sutra jauh lebih efektif sebagai penahan kelembapan daripada kain lainnya. “Keduanya menyerap tetesan air dengan cepat,” mereka menemukan.

“Kapas memerangkap kelembapan seperti spons. Tapi sutra bisa bernapas. Lebih tipis dari kapas dan cepat kering,” kata Guerra.

Hipotesis yang sedang berlangsung adalah virus corona ditularkan melalui tetesan pernapasan, lanjutnya. “Jika Anda memakai lapisan sutra, itu akan mencegah tetesan dari menembus dan diserap. Penelitian terbaru oleh peneliti lain juga menemukan bahwa meningkatkan lapisan sutra meningkatkan efisiensi penyaringan. Ini berarti bahan sutra dapat mengusir dan menyaring tetesan. Dan fungsi ini meningkat dengan jumlah lapisan. ”

Guerra sekarang mempelajari berapa lama virus penyebab Covid-19, Sars-CoV-2, dapat hidup di sutra dan bahan lainnya. “Ini bukan kain baru, namun sekarang kami menemukan semua kegunaan baru untuk itu,” kata Guerra. (S-39)