Manuputty Terpilih Jabat Sekum PGI

AMBON, Siwalimanews – Pendeta Jacklevyn First Manuputty dari Gereja Protestan Maluku terpilih sebagai Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) periode 2019-2024.

Jacky terpilih secara aklamasi dalam Sidang Raya PGI XVII, yang dipu­satkan di Gedung Gereja Kristen Sumba Waingapu, Jemaat Payeti, Nusa Tenggara Timur, Selasa (12/11).

Sementara Pendeta Gomar Gulton dari Huria Batak Kristen Prostestan (HKBP) terpilih sebagai ketua umum

“Untuk ketua umum terpilih ada 3 kandidat, dan Pak Pendeta Gomer terpilih. Sedangkan untuk sekum saya terpilih secara aklamasi,” jelas Manuputty, saat dihubungi Siwa­lima melalui telepon selulernya.

Menurut lelaki kelahiran 20 Juli 1965 ini, sidang raya PGI sudah ber­langsung sejak Kamis (7/11) dan akan berakhir Rabu (13/11). “Proses pemilihan untuk struktur kepengu­rusan masih terus berlang­sung dan direncanakan Rabu malam akan dilakukan pelantikan,” terang­nya.

Manuputty mengatakan, ada sejumlah isu yang dibahas dalam sidang raya PGI diantaranya, isu kebangsaan, isu keesaan gereja, dan perkembangan teknologi informasi.

“Ada sejumlah isu-isu besar yang dibicarakan dan akan diputuskan dalam sidang raya ini seperti, isu-isu krisis besar seperti, isu kebang­saan, isu keesaan gereja, perkemba­ngan teknologi informasi,” jelas Asisten Utusan Khusus Presiden Untuk Dialog dan Kerjasama Anta­riman dan Antarperadaban ini.

Sementara Humas PGI, Irma Riana Simanjutak dalam penjelasannya seperti yang dilansir, Pos-Kupang.com menjelaskan, Pendeta Gomar Gultom yang terpilih sebagai ketua umum PGI adalah mantan sekretaris umum PGI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Lelaki kelahiran Tarutung, Su­matra Utara 8 Januari 1959 ini menga­lahkan dua kandidat lain yaitu pen­deta Albertus Pati dari Sinode GKI dan pendeta Tohomi Telaumbanua dari Sinode Banua Niha Keriso Protestan (BNKP).

Ketiga nama itu sudah diusulkan dari masing-masing sinode. Hanya saja dalam sidang MPL tidak mem­bahas figur tetapi hanya membahas kriteria. Kriteria-kriteria tersebut selanjutnya dibahas di arena sidang raya hingga penetapannya.

Peserta sidang MPL terdiri pim­pinan 90 anggota PGI dari seluruh wilayah indonesia dan anggota PGI wilayah sebanyak 28 orang.   (S-19)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *