AMBON, Siwalimanews – Patroli sekaligus penyampaian himbauan serta pemetaan lokasi ODP dan PDP yang dilakukan oleh Detasemen Gegana dibawah pimpinan Ipda A Manullang masih menemukan banyak masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan.

Kebanyakan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yang ditemukan, seperti tak menggunakan masker, masih berkumpul dalam jumlah yang banyak, sehingga aturan jaga jarak diabaikan.

“Patroli kita hari ini masih temukan banyak warga yang tak pakai masker, serta masih ada juga yang kumpul-kumpul dengan jumlah yang banyak sehingga tak menghiraukan aturan jaga jarak,” ungkap Manullang dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (16/7).

Bagi masyarakat yang kedepatan seperti ini kata Manullang, mereka dibari pengertian sekaligus himbauan agar tetap memakai masker saat berada di luar rumah, dan tidak boleh berkumpul dalam jumlah banyak.

Patroli yang dilakukan Satgas Aman Nusa II ini merupakan upaya Brimob Maluku untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 serta melonjaknya angka pasien positif corona di Kota Ambon.

Baca Juga: Ratusan ASN Pemprov Terpapar Corona

“Patroli kita ini untuk antisipasi melonjaknya pasien positif sekaligus untuk mencegah penyebaran virus jadi kalau kita temukan kita beri pengertian, bagi yang tak bawah masker kita berikan masker, namun bagi yang miliki tapi hanya gantungkan di dagu, kita sarankan untuk pakai, sakaligus minta untuk tidak boleh kumpul-kumpul seperti itu,” jelas Manullang.

Dalam patroli hari ini tambah Manullang, kebanyakan masyarakat yang tak mengenakan masker dan masih tetap berkumpul ditemukan di kawasan Jalan Sam Ratulangi, emparan pertokoan di Amplaz serta di beberapa lingkungan penduduk.

“Kita berharap himbauan agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang disampaikan tim Detasemen Gegana saat patroli dapat dipahami oleh masyarakat sekaligus menjalankannya agar mata rantai penyebaran Covid-19 ini dapat kita putuskan,” harapnya. (S-21)