MASOHI, Siwalimanews – Pemkab Maluku Tengah mengapresiasi terlaksananya pemutahiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) tingkat povinsi Maluku tahun 2021.

Kegiatan yang diinisiasi Inspektorat Maluku itu, digelar di Baileo Soekarno di Kota Masohi, Rabu (22/9) malam.

Bupati Malteng Tuasikal Abua pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas ditunjuknya Kabupaten Malteng, sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini, sebab baginya hal itu adalah sebuah kehormatan bagi pemkab dan masyarakat di kabupaten Pamahanu-Nusa.

“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Maluku yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk jadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini,” ucap Tuasikal.

Ia mengaku, forum pemutakhiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP adalah forum yang sangat strategis dan penting untuk dilakukan setiap tahunnya, guna memastikan penyelesaian berbagai tindak lanjut dari setiap hasil pemeriksaan.

Baca Juga: Gelar Operasi Patuh, Polda Maluku Kerahkan 306 Personel

“Tentunya forum ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana koordinasi dan konsultasi seluruh APIP se-Maluku mengenai tindak lanjut dan rekomendasi hasil pemeriksaan,” ucapnya.

Tuasikal berharap, peran inspektorat dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan termasuk di wilayah Malteng, agar roda pemerintahan yang baik dapat terus dihasilkan, demi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat.

“Harapan kami, mudah-mudahan melalui kegiatan ini, peran inspektorat sebagai mitra dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan yang amanah dapat lebih ditingkatkan, sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat di kabupaten/kota masing-masing dan juga bagi Maluku yang kita cintai bersama,” tuturnya. (S-36)