MASOHI,Siwalimanews – Kontraktor KKS Balam Energy Ltd, yang bergerak di eksplorasi minyak dan gas (Migas) membidik wilayah Maluku Tengah (Malteng) sebagai satu dari sejumlah lokasi di Seram untuk mela­kukan eksplorasi Migas.

Namun untuk menuju ke sana, Balam Energy akan melakukan survei sesmik 2D untuk memastikan ada tidaknya cadangan migas.

“Ia kami akan melakukan survei kan­du­ngan migas di wilayah seram utara Ma­luku Tengah, dan juga Kabupaten SBT, untuk kepentingan investasi di bidang migas,” ujar Defri Setiadi, Seismik Operational Manager Balam Energy Ltd, usai melakukan sosialisasi rencana survei seismik 2D bersama Bupati Malteng, Tuasikal Abua dan jajarannya yang berlangsung di Baileo Ir. Soekarno, Masohi, Rabu (30/9).

Dikatakan, Balam Energy punya proyeksi survei seismik 2D pada dua area. Yakni area laut dan darat. Namun karena pandemi, Balam Energy untuk sementara hanya akan lakukan survei di laut dan akan berlangsung selama tiga hari dengan menggunakan kapal.  Sementara survei di daratan rencana­nya akan dilakukan awal  tahun 2021 mendatang. “Ada dua area survei seperti disampaikan tadi yakni di laut dan di darat. Untuk di darat sebenarnya dimulai pertengahan tahun ini tapi karena pandemi, kita undur tahun. Jadi untuk tahun ini survei hanya dilakukan di laut,” ungkap Setiadi.

Ia menambahkan, daerah Malteng yang menjadi sasaran survei itu adalah wilayah perairan Maluku Tengah di bagian utara, yakni Seram Utara Timur Kobi dan juga Seti.

Baca Juga: Sasaran Fisik TMMD ke-109 Capai 20 Persen

“Jadi survei akan kita lakukan, jika nantinya hasilnya menunjukan adanya kandungan migas maka kami akan mem­proyeksi rencana eksplorasi migas.soal indikasi (kandungan migas) atau tidak kita akan ketahui dari hasil survei. Nanti hasil survei juga intepretasinya butuh­kan waktu setahun,” tandasnya.

Dalam survei di laut nantinya, kata dia, Balam Energy tidak melibatkan tenaga kerja lokal, karena hanya tenaga teknis yang dibutuhkan dan juga terbatas. Se­mentara rencana survei di darat, Ia pasti­kan akan melibatkan tenaga kerja lokal.

Bupati Malteng, Tuasikal Abua, sete­lah mendengar paparan pihak Balam Energy soal rencana survei untuk inves­tasi migas, dia mengatakan, akan mem­berikan dukungan penuh. Terutama menjamin akses pihak Balam Energy dalam melakukan survei seismik 2D.

“Prinsipnya, kami beri ruang dan dukungan kepada pihak Balam Energy untuk melakukan survei di wilayah Maluku Tengah,” kata Abua.

Bupati mengatakan, jika adanya kan­dungan Migas maka Malteng bakal mendapatkan ruang yang besar tentang serapan tenaga kerja dan juga berdam­pak pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan.

“Kami sangat apresiasi dan dukung penuh, survei yang akan dilaksanakan be­be­rapa waktu kedepan. Survei akan dilakukan di laut dan didarat. Akan lihat potensi yang ada di perut bumi. Kita berdoa semoga hasil survei ini bisa mendeteksi minyak dan gas. Ini harapan kami agar masyarakat kami miliki kesempatan yang besar untuk dapat direkrut menjadi tenaga kerja dan juga berdampak pertumbuhan ekonomi yang menjajikan,” harapnya.(S-36)