AMBON, Siwalimanews – Pier.E Mahulette secara resmi dite­tapkan sebagai Direktur Umum dan Esterlina Nirahua sebagai Komisaris Independen PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara.

Mahulette dan Nirahua ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dipusatkan di Hotel Borobudur, Ja­karta Pusat, Selasa (12/1). Selain Mahulette dan Nirahua, RUPSLB yang dihadiri oleh 93 persen pemilik saham itu juga menerima pengun­duran diri Burhanudin Waliulu se­bagai Direktur Utama serta pene­tapan calon direktur utama yang baru atas nama Syahrisal Imbar, pen­siunan PT Bank Mandiri ( Persero) Tbk Makassar, Sulawesi Selatan.

Komisaris Utama Bank Maluku Malut. M.A.S Latuconsina mengata­kan, RUPSLB dihadiri Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku Utara itu membahas enam agenda penting yakni pertama, penetapan Direktur Umum PT Bank Pemba­ngunan Daerah Maluku dan Maluku Utara. Kedua, penetapan Komisaris Independen. Ketiga, persetujuan permohonan pengunduran diri Arief Burhanudin Waliulu dari jabatan sebagai Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara. Keempat, penetapan calon Dirut. Kelima, penunjukan pelaksanaan tugas jabatan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara. Keenam, Pembebanan PSAK 71 dan PSAK 73.

Latuconsina mengakui, Mahulette dan Nirahua telah ditetapkan dalam RUPSLB sebagai Direktur Umum dan Komisaris Independen. Selain itu, dalam RUPSLB yang dihadiri Gubernur Maluku dan Wakil Gu­bernur Malut juga menerima peng­unduran diri Dirut, Arief Burhanudin Waliulu dan menetapkan calon Dirut yang baru Syahrisal Imbar.

“Calon direktur utamanya sudah sampaikan visi dan misi. Dan visi misi sudah diterima oleh semua pe­megang saham. Semua pemegang saham sudah menetapkan sebagai calon direktur utama untuk meng­ikuti fit and proper test di OJK, “ jelas Latuconsina kepada Siwalima melalui telepon selulernya tadi malam.

Baca Juga: Brimob Maluku Tunjukan Keseriusan Brantas Covid-19

Selanjutnya kata Latuconsina, RUPSLB yang digelar dari pukul 10.00-12.00 WIB itu juga me­nunjukan Yetty Lukur Direktur Pe­masaran sebagai Pelaksana Tugas Dirut PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara.

Mantan Wakil Walikota Ambon ini yakin dengan berprosesnya calon Dirut yang baru di OJK untuk mengikuti fit and proper test, tidak lama lagi seluruh komposisi direksi dan komisaris akan terpenuhi.

“Sebenarnya target tahun 2020 komposisi pengurus harus lengkap. Tetapi meleset, kita sudah dapat calon direktur yang baru. Mudah-mudahan tahun 2021 ini Insya Allah kepengurusan sudah lengkap, “ujarnya.

Untuk diketahui calon direktur utama yang baru atas nama Syah­risal Imbar merupakan pensiunan PT Bank Mandiri ( Persero) Tbk Ma­kassar, Sulawesi Selatan. Pria kela­hiran Makassar, 25 Maret 1962 ini sebelumnya menjabat  2012-2014 dengan jabatan area Manager Sula­wesi Tengah (Vice President). Se­lanjutnya 2014 sampai dengan pensiun di area Head Makassar (vice President) yang membawahu 43 cabang dan sekitarnya serta seluruh Maluku. Imbar sendiri me­rupakan lulusan S2 jurusan mana­jemen pemasaran Universitas Hasa­nudin tahun 2007. (S-19)