NAMROLE, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Syarif Mahulauw mengatakan, Kirab Pemilu ini adalah sarana integrasi bangsa untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang merupakan tugas KPU RI, provinsi dan kabupaten/kota.

“Kirab merupakan sarana sosiali­sasi yang berintegrasi sesuai surat keputusan KPU pusat dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024 yang berkualitas” jelas Mahulauw, dalam sambutannya saat menerima bendera Kirap Pemilu Tahun 2024,  di halaman Kantor KPU Bursel, Minggu (21/5).

Mahulauw menyampaikan uca­pan terima kasih kepada KPU SBB yang telah mengantarkan bendera Kirab Pemilu 2024 ke Bursel, dimana bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 ini sudah bergerak dari titik kota Jaya­pura atau titik awal jalur tujuh dan saat ini sudah tiba di Bursel kurang lebih 3 bulan 7 hari perjalanan.

“Kirab ini sebagai sarana sosia­lisasi Pemilu agar masyarakat Kabu­paten Bursel mengetahui tahapan pesta rakyat tahun 2024 sehingga Pemilu dapat berjalan dengan baik dan partisipasi masyarakat bisa meningkat,” ucap Mahulauw.

Dikatakan, tugas ini juga bukan hanya untuk KPU, melainkan selu­ruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Bursel.

Baca Juga: BRI Pulau-pulau Aru Berubah Status

“Kami ingin melakukan penggen­jotan kepada masyarakat tentang pemahaman terhadap Pemilu tahun 2024,” ungkap Mahulauw.

Menurutnya, bendera Kirab Pemi­lu yang baru diterima KPU Bursel nantinya akan diserahkan secara estafet ke KPU kabupaten Buru pada tanggal 27 Mei mendatang.

“Bendera Kirab Pemilu akan ada di Bursel selama 7 hari sesuai jadwal dan tanggal 27 Mei, bendera Kirab Pemilu akan kita arak ke teman-te­man KPU Buru dan akan dilanjutkan ke Ambon dan finis Jakarta,” terangnya.

Dikesempatan itu Mahulauw juga berterima kasih kepada Komisioner KPU SBB yang telah setia mengan­tarkan Bendera Kirab Pemilu ke Kabupaten Bursel.

Sementara itu Ketua KPU SBB, Syarif Hehanussa mengatakan, da­lam proses membawa bendera Kirab Pemilu ini merupakan tanggung jawab dan tidak ada rasa mengeluh atau berkecil hati.

“Ini tanggung jawab kami dan tidak ada rasa lelah tapi ini tanggung jawab yang harus dipikul demi suk­sesnya Pemilu tahun 2024,” te­rangnya.

Sekretaris KPU Bursel, Abdurah­man Nunlehu selaku ketua Panitia menjelaskan, penerimaan bendera Kirab dengan tema ‘Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa’ memiliki tujuan yakni melakukan sosialisasi hari dan tanggal pemungutan suara, melakukan sosialisasi lambang dan nomor urut partai politik peserta Pemilu tahun 2024.  Kemudian, melakukan sosialisasi kemudahan pengecekan data pemilih yang diakses secara mandiri melalui sarana teknologi, mensosialisasikan pendidikan pemilih dalam pemilu serentak tahun 2024.

Selanjutnya, melakukan sosiali­sasi daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten Bur­sel pada Pemilu serentak tahun 2024  dan mensukseskan kegiatan pelak­sanaan Kirab Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa.

“Sasaran Kirab di Kabupaten Bursel meliputi pemilih yang ber­basis keluarga yaitu pemilih pemula, pemilih pemuda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet/netizen,” ung­kapnya.

Tak hanya itu, Kirab Pemilu kali ini juga menyasar masyarakat umum; media massa; partai politik peserta pemilu; organisasi kemas­yarakatan, masyarakat adat, dan; instansi pemerintah.

Nunlehu juga membeberkan, hari pertama pada tanggal 21 Mei, selain penerimaan bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU SBB juga dila­kukan pawai Kirab Pemilu mengelilingi kecamatan Namrole. Hari kedua pada tanggal 22 Mei akan dilaksanakan pawai Kirab Pemilu di Kecamatan Waesama dilanjutkan dengan kegiatan bacarita Pemilu bersama komunitas adat di Dusun Wamhogo, Desa Oki Baru selanjut­nya akan akan menju Dusun Kusu-kusu.

Selanjutnya dihari ke- 4, KPU Bursel akan melakukan pengecekan data secara online kepada pemilih perempuan di Pasar Kai Wait dan hari kelima, 25 Mei, KPU akan menuju dusun Ratawano kilo 9, Desa Waenono dan hari keenam pada tanggal 26 Mei akan menuju Pantai Wali untuk melaksanakan kegiatan bacarita lepas bersama tim Kirab Pemilu KPU Kabupaten Bursel. Terakhir 27 Mei, bendera kirab akan diarak dan didiestafetkan menuju Kabupaten Buru.

Turut hadir, Asisten II Setda Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda; Asisten III Setda Kabupaten Bursel, Hamis Souwakil; Sekretaris  Kesbangpol Kabupaten Bursel, Ridwan Nyio; Bawaslu Bursel, pimpinan partai politik, pemilih pemula, pemilih perempuan, ASN dan OKP/ormas yang ada di Kabupaten Bursel.

Sementara yang hadir dan membawakan Bendera Kirab Pemilu selain Ketua KPU SBB, Syarif Hehanussa, hadir juga, Zefnat Laturumakina, Divisi Hukum & Pengawasan; Abuani Kasilaya, Devisi Perencanaan & Data; Upang Djalal, Devisi SDM & Parmas dan Sekretaris KPU SBB, Agusthina H. Matapere serta Kasubag Teknis, Jeffry Lisapaly. (S-16)