NAMLEA, Siwalimanews – Puluhan mahasiswa dari fakul Fakultas Sastra Universitas Iqra Buru (Uniqbu) belajar di sejumlah universitas ternama di Bali dan Surabaya.

Dalam rangka mempraktekan program Merdeka Belajar-Kampus Belajar,  mereka terjun langsung ke Politeknik Pelayaran Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Unversitas Seni Indonesia dan Business Academy Denpasar.

Dekan Fakultas Sastra Uniqibu, Azwan ketika melepas 14 mahasiswa magang ke Surabaya dan Bali mengatakan, bahwa program MB-KM perlu ditindaklanjuti oleh setiap perguruan tinggi termasuk Uniqbu.

“Kami sebagai pelopor dan pembuka jalan mengaplikasikan program Merdeka Belajar-Kampus Belajar berskala nasional di Maluku, dengan mengirim 44 mahasiswa belajar di Surabaya dan Bali,” kata Azwan.

Ia mengaku untuk menghadapi ketatnya persaingan era digital, perguruan tinggi memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier mahasiswa.

Baca Juga: Refleksi Kinerja Reformasi Polri

“Ini sudah kita lakukan dengan penjajakan kerja sama pasca penandatanganan MoU dengan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali pada 21 Desember dan mulai melakukan magang pada 13 Desember sampai 8 januari,” terangnya.

Ia mengaku kedatangan maha­-siswanya ke Institute Pariwisata dan Bisnis Interna­sional Bali diterima oleh Rektor IPB Interna­sional Denpasar, I.G.M Sudjana dan Wakil Rektor I bidang Akademik serta Wakil Rektor IV bagian kerjasama.

Dalam pertemuan singkat itu rektor IPB internasional menekan pentingnya membangun komunikasi dengan universitas sebagai bagian dari kerja sama antara perguruan tinggi. “Mereka menakankan pentingnya mempersiapkan lulusan yang berkualitas melalui penguasaan bahasa Inggris dan IT,” jelasnya.

Sementara itu, dosen Pendamping, Risman Iye menambahkan bahwa mahasiswa sastra harus menjadi pelopor dalam bingkai akademik di Pulau Buru.

Ia juga menawarkan kepada IPB Intrenasional agar ke depan, dapat juga terjalin kegiatan pertukaran mahasiswa IPB Internasional dan mahasiswa Uniqbu sehingga program MB-KM dapat berkesinambungan dan dapat mendorong kemajuan pariwisata serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah wisata di Pulau Buru. “Mau magang di Bali, ayo bergabung bersama Sastra Uniqbu,” ajaknya.(S-15)