AMBON, Siwalimanews – Mahasisiwa KKN Unpatti angkatan XLVIII gelombang I yang ditempatkan di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, menggelar aksi peduli lingkungan, Senin (1/11).

Aksi peduli lingkungan bertajuk, Mahasiswa KKN Kalesang Negeri tersebut, dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti, pembentukan kelompok bank sampah, pembersihan pantai dan penanaman mangrove di pantai sekitar Pelabuhan Hurnala Tulehu.

Secara simbolis penanaman mangrove dilakukan oleh Pejabat Negeri Tulehu, Kepala Dusun Rupaitu, Perwakilan Babinsa dan Kepolisian,  Ketua Komunitas Anak Pesisir, Ketua Pemuda Dusun Rupaitu serta Kelompok Pemberdayaan Perempuan dan seluruh Mahasiswa KKN di Desa Tulehu, serta warga Dusun Rupaitu.

Sebanyak 310 bibit mangrove ditanam itu, merupakan hasil kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Maluku.

“Kegiatan yang menjadi salah satu program prioritas kelompok mahasiswa KKN ini, diharapkan dapat mewujudkan pelestarian ekosistem mangrove serta dapat mencegah abrasi pantai, sekaligus merupakan bentuk upaya pencegahan mitigasi bencana yang terjadi di wilayah pesisir,” ucap Dosen Pendamping Lapangan Mahasiswa KKN Desa Tulehu  Fransina S Latumahina disela-sela kegiatan tersebut.

Baca Juga: Fraksi Golkar Minta Walikota Kaji Ulang Sistim Barcode di Angkot

Menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu program prioritas mahasiswa KKN, sebab disaat pertama kali datang ke sini, mereka melihat pesisir pantai sudah cukup berisiko, jika terjadi tsunami atau air pasang tinggi, maka akan membahayakan warga di sekitar pesisir pantai, sehingga penanaman magrove menjadi salah satu solusi alternatif.

“Saya berharap, mangrove yang ditanam oleh mahasiswa bisa tumbuh subur, sehingga bisa menjadi pelindung bagi masyarakat di kawasan pesisir pantai. (S-51)