AMBON, Siwalimanews – Sejumlah kegiatan digelar oleh mahasiswa UKIM yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tiga desa di Kecamatan Baguala.

Ketiga desa tersebut, masing-masing Desa Passo, Waiheru dan Negeri Lama. Sejumlah kegiatan yang digelar 24 mahasiswa ini dikoordinir oleh tiga instruktur masing-masing Selfina Embuan di Desa Passo,  Wilma Mamuli di Waiheru dan Stenly Salenussa di Negeri Lama.

“KKN yang berlangsung satu bulan lebih ini kita laksanakan beberapa kegiatan, seperti di Desa Passo pembuatan tempat cuci tangan dan pembuatan handsanitizer untuk anak dan remaja, pemeriksaan kesehatan pada lansia, pembagian handsanitizer serta masker kepada lansia, sopir angkot  dan staf KPN Passo,” ujar Salenussa dalam rilisnya yang diterima Redaksi Siwalimanews, Selasa(17/11).

Untuk Desa Waiheru, program kegiatan yang dilaksanakan adalah pemberian sarana kebersihan berupa kran air tempat cuci tangan, sabun cuci dan spanduk edukasi pencegahan covid, pembagian APD berupa masker serta handsanitizer kepada warga.

Baca Juga: Mahasisw KKN UKIM Beri Edukasi Covid di Porto

Selain itu, mahasiswa juga memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang pentinggnya pola hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga.

Kemudian sosialisasi tentang pentingnya personal higyne serta sosialisasi tentang kanker payudara dan bahaya merokok.

Sementara di Negeri Lama kita berikan sosialisasi tentang PHBS bagi siswa katekisasi dan masyarakat, serta pemeriksaan kesehatan bagi lansia dan remaja, pembagian masker dan handsanitizer, remaja dan pegawai kantor desa dan pemasasangan spanduk kawasan waijb masker di lingkungan 9 RT di Negeri lama.

“Antusiame masyarakat sangat tinggi sekali dengan kehadirin mahasiswa KKN UKIM ditunjukan dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat maupun staf pemerintah desa melalui dukungan terhadap program kerja yang dilaksanakan,” tutupnya. (Cr-5)