AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda ke 92 pada 28 Oktober mendatang, Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarani Bersatu, mengelar aksi damai untuk mengajak pemuda Maluku bersatu memba­ngun daerahnya.

Selain itu dalam aksinya mereka juga membagikan bunga dan  sele­baran damai sebanyak 220 pis dan 200 buah masker bagi masyarakat Maluku. Tiga lokasi aksi yakni Tugu Trikora, perempatan Al-Fatah dan perempatan Monumen Gong Perda­maian Dunia, Senin (26/10).

Pantauan Siwalima, aksi pemba­gian pesan damai dan bunga serta masker di ikuti sekitar 90 anggota M1R yang diawali di perempatan Tugu Trikora, perempatan Al-Fatah dan perempatan Monumen Gong Perdamaian Dunia, Senin (26/10) sekitar pukul 12.30 WIT.

Setiap pengendara yang berhenti di lampu merah dibagikan pesan damai dan bunga serta masker. Ke­tua DPD M1R Maluku Marsello La­lopua juga turun ke lapangan me­nyerukan pesan damai menjelang peringatan sumpa pemuda dan mem­bagikan masker.

Ketua DPD M1R Maluku Mar­sello Lalopua kepada wartawan usai membagikan pesan damai kepada masyarakat mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh or­ganisasi masyarakat yang dipimpin­nya.

Baca Juga: KMP Bahtera Nusantara Tiba di Ambon

“Jadi ini merupakan bentuk kepe­dulian kami kepada Maluku, meng­ingat di tanggal 28 Oktober adalah hari Sumpa Pemuda yang ke 92 kita isi dengan aksi damai membangikan pesan damai dan mengajak memba­ngun Maluku dan dan memberi pesan kepada putra putri, Maluku manis tanpa anarkis,” kata Lalopua.

Dijelaskan putra-putri atau pe­muda-pemudi Maluku sebagi tulang punggung bangsa bisa menjaga keutuhan NKRI.

“Pemuda pemuda harus bisa menjaga keutuhan NKRI tanpa ke­kerasan dan bisa mengisi pemba­ngunan itu sendiri,” pinta Lalopua.

Selain itu juga Lalopua mengajak pemuda pemudi di Maluku untuk menjadi beraklak sesuai dengan moto dari M1R, “Iris Di Kuku Rasa Di Daging,”

Harus tanamkan di dalam diri rasa persatuan dan kesatuan dan mem­bangun dan menciptakan hubungan pela gandong sebagai salah satu citra dan budaya orang Maluku.

“Pemuda Maluku harus bisa men­jaga hubungan pela gandong dan menjaga budaya orang Maluku,” harapnya.

Selain itu juga ditengah pandemi ini M1R juga ikut membantu peme­rintah memerangi dan memutus mata rantai penyebaran covid dengan membagikan 200 buah masker ke­pada masyarakat.

Sedikinya ada 200 buah masker yang tadi ikut kita bagikan di tiga lokasi aksi yang kita lakukan

M1R turut membantu pemerintah dalam penanganan dan mengatasi penyebaran covid yang ada di Ma­luku, khususnya di kota Ambon,” terangnya.

Akhir dari kegiatan ini sendiri tambahnya, akan di lakukan dekla­rasi Maluku Satu Rasa Salam Sarani Bersatu.

“Besok puncak acara ini dengan melakukan deklarasi M1R Salam Sarabi Bersatu bertempat di Gong Perdamaian Dunia,” tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPC Kota Ambon, Jimmy Abrahams me­nambahkan dalam memperingati sum­pah pemuda, ia mengajak patti­mura muda untuk lebih baik lagi kedepan. “Harapan saya mungkin kedepan  patimura-patimura muda, Ina Ama yang ada di kota Ambon mungkin dapat menjadi yang lebih baik dan dengan adanya M1R Salam Sarani Bersatu, kita semua orang Maluku dapat bersatu dan bergan­de­ngan tangan untuk memajukan Maluku kedepan,” ujarnya. (S-39)