AMBON, Siwalimanews – Intensitas hujan yang tinggi pada Minggu (20/6) malam sekitar pukul 23,45 WIT, membuat satu unit rumah milik Keluarga Haris Soulissa, yang terletak di kawasan Kebun Cengkeh, tepatnya pada RT 004/009, Desa Batu Merah, ambruk akibat longsor.

Ambruknya rumah berlantai II tersebut mengakibatkan dua penghuni rumah yakni Rifky F Soulisa (24) yang berprofesi sebagai anggota Polri yang bertugas di Polres SBB mengalami Patah tulang pada lengan sebelah kiri, luka lecet pada kaki kiri, luka robek pada bagian bawa bibir, luka robek pada bagian perut.

Sementara korban lainnya Akbar Elly (27) mengalami luka robek pada bagian atas kaki sebelah kiri. Keduanya kemudian dilarikan kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis pasca tertimpa reruntuhan bangunan.

Haris Soulissa pemilik rumah, kepaad Siwalimanews  mengaku, saat kejadian ia bersama istrinya sementara tidak berada di rumah, sementara yang berada di rumah adalah anak dan keponakannya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Kembali Hantui Perairan Maluku

“Kejadian itu saat hujan di Minggu malam disertai suara gemuruh petir dan tak lama kemudian langsung rumah roboh,” ucapnya.

Ia mengaku, saat kejadian kedua korban lagi bersantai di kamar lantai II karena baru selesai makan malam, tiba-tiba suara gemuruh yang kuat mengakibatkan Rifky dan Akbar kaget dan tak lama kemudian reruntuhan bangunan jatuh menimpa mereka.

Untungnya saat rumah roboh, keduanya mencoba menyelamatkan diri dengan berlindung dibawah kasur dan lemari, sehingga mereka masih bisa selemat saat reruntuhan bangunan menimpa kamar mereka.

“Anak dan keponakan saya ini masih beruntung karena keduanya bersembunyi dibawah lemari dan Spring Bed, namun kondisi keduanya tetap mengalamim luka yang cukup serius,” bebernya.

Pada kesempatan itu Haris berharap, Pemkot Ambon dapat membantu biaya perawatan dari kedua korban ini, terutama Akbar lantaran keponakannya ini tak miliki BPJS Kesehatan.

Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Sirimau AKP Mustafa Kemal membenarkan peristiwa tersebut, dimana salahs atu korban adalah anggota Polres SBB yang datang ke Ambon untuk mengukiti pelatihan di SPN.

“Kedua korban ini tidur di bangunan rumah yang roboh itu, korban Rifky yang merupakan anggota Polri baru tiba dari SBB untuk mengukiti pelatihan di SPN, sedangkan korban Akbar sepupu Rifki nginap bersama di rumah tersebut,” ungkap Kapolsek.

Kedua korban ini berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan oleh warga sekitar pada pukul 00.31 WIT dan langsung keduanya dilarikan ke ke RS Bhayangkara Tantui untuk mendapat perawatan medis.

“Sekitar pukul 00.20 WIT anggota yang mendapat informasi langsung turun ke TKP dan bersama warga mengevakuasi kedua korban dari balik reruntuhan. Kedua korban saat ini sementara mendapat perawatan medis di RS Bhayangkara,” pungkasnya. (S-51/S-45)