AMBON, Siwalimanews – Lima wilayah di Kecamatan Leitimur Selatan yakni Desa Hukurila, Ema, Kilang, Naku, dan Hatalai, dapat mengakses internet sama seperti daerah-daerah di kecamatan yang ada di Kota Ambon.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon telah merealisasi lewat kerja sama dengan Telkomsel untuk mengalirkan jaringan Fiber Optik di lima desa pada kecamatan tersebut.

“Akhir tahun 2020 ini jaringan fiber optik sudah bisa dinikmati oleh warga masyarakat di Kecamatan Leitimur Selatan. Kmai lewat Kominfo bekerjasama dengan PT.Telkom sudah berhasil mengalirkan jaringan tersebut (red. fiber optik).Jaraknya cukup jauh, tapi berkat kerja sama yang baik kita berhasil mewujudkannya. Dan untuk 1 wilayah lain, yaitu Dusun Seri, dalam waktu dekat akan diupayakan jaringan fiber optik terpasang disana,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Minggu (13/12).

Walikota juga menambahkan, hingga akhir tahun ini warga di 5 wilayah tersebut sudah bisa berlangganan internet lewat jaringan fiber optik, dan di awal 2021 seluruh wilayah kerja Pemkot Ambon bisa teraliri internet khususnya jaringan fiber optik.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon, Joy Adriaansz menjelaskan, semua ini terwujud berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Ambon, PT Telkomsel dan Bakti Grup.

Baca Juga: Lodewiyk Ganti Sirait Jabat Dandenpom XVI/2 Masohi

“Beberapa waktu lalu, kami dari Pemerintah Kota Ambon melakukan pertemuan bersama pihak BAKTI Group. Dan ini merupakan hasil pertemuan yang kami lakukan, respon yang sangat baik dari BAKTI Group dan PT. Telkom sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merealisasikannya,” kata Kadis.

Dengan demikian, lanjutnya, masalah terkait tidak tersedia koneksi internet berbasis fiber optic yang selama ini dialami lima negeri tersebut sudah dapat diatasi dan kedepan masyarakat dapat menikmati koneksi jaringan yang lebih stabil, sama seperti wilayah lain di Kota Ambon.

“Tak lama lagi, masyarakat Leitimur Selatan sudah bisa menikmati jaringan dengan stabil. Kami harapkan warga bisa mulai berlangganan jaringan internet dari PT Telkom, termasuk langganan indihome,” ungkapnya. (Cr-6)