AMBON, Siwalimanews – Lima hari berlangsungnya Tour Of Peninsula, pelari asal Maluku Matheos Berhitu sudah menempuh 441 Km dari total jarak sejauh 2.234 Km yang harus ditempuh semua peserta lari Ultra Marathon.

Hari pertama lomba lari Ultra Marathon Internasional yang digelar di Malaysia itu Berhitu berhasil menempuh jarak 73 Km, hari kedua sejauh 73 Km, hari ketiga sejaih 76 Km, hari keempat 130 Km dan hari kelima 89 Km.

“Sudah lima hari lomba berlangsung, saya sudah berhasil berlarih sejauh 441 kilometer,” ujar Berhitu ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (5/12).

Dirinya mengaku dengan dikurangi masa karantina dari 14 hari menjadi 10 hari oleh panitia membuat dirinya bersama dengan peserta lainnya mengikuti lomba dari hari pertama pada 1 Desember.

“Awalnya memang kami diharuskan karantina selama 14 hari namun ada perubahan dari panitia sehingga ketika lomba tidak ada peserta yang berada di lokasi karantina di tanggal 1 Desember,” jelas Berhitu.

Baca Juga: Lestaluhu Kembali Pimpin PSSI Maluku

Dengan jaraknya sudah ditempuh sejauh ini menurutnya sudah mengungguli peserta dari 18 negara yang mengukuti event bergengsi ini.

“Puji Tuhan saya sudah unggul dari peserta lain soal jarak dan setiap hari puluhan kilometer saya membutuhkan waktu hanya 5 jam lebih,” katanya.

Berhitu mengaku ada cerita unik ketika hari pertama lomba berlangsung. Dirinya sempat salah jalan dan tertinggal dari peserta lainnya.

Hari pertama lomba itukan dibuka pukul 06.00 pagi waktu Malaysia, karena terlalu cepat saya melewati kendaraan kawal dan sempat salah jalan,” ceritanya.

Merasa jalan yang ditempuhnya salah, dirinya kemudian kembali ke jalur lomba lari dan berhasil menyusul peserta lain. “Saya masuk finis di urutan kedua walaupun sempat nyasar,” ucapnya singkat. (S-39)