NAMROLE, Siwalimanews – Lima akademisi di sejumlah Perguruan Tinggi di Maluku disiapkan untuk menjadi panelis atau Tim Penyusun Materi Debat Publik Terbuka Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Kelima akademisi tersebut yakni, Ruslan Tawari (Ketua Program Studi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unpatti), Sherlock H. Lekipiouw (Dosen Fakultas Hukum Unpatti dan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Hukum Unpatti), Djufri Rais Pattilow (Mantan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti), Amir F. Kotaromalos (Dosen pada Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Ketua Pusat Kajian Politik Lokal dan Otonomi Daerah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpatti) dan Abdul Manaf Tubaka (Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ushuluddin IAIN Ambon dan Direktur Pusat Studi Demokrasi Agama dan Pembangunan IAIN Ambon).

Komisioner Devisi Teknis KPU Kabupaten Buru Selatan, Ismudin Booy mengatakan, penetapan kelima panelis itu sesuai keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tentang Penetapan Tim Penyusun Materi/Panelis Debat Publik/Debat Terbuka antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan Tahun 2020.

“Penetapan itu sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020,” kata Booy, kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Selasa (03/11)..

Selain para panelis, kata dia, KPU Kabupaten Bursel juga telah menetapkan moderator untuk memandu debat nantinya.

Baca Juga: Belum Ada Instruksi Pendaftaran Kartu Prakerja

“Sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan Nomor: 126/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020 telah ditetapkan saudari Aliva Medy Cahaya Putri sebagai Moderator Debat Publik/Debat Terbuka Pertama Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan tahun 2020,” kata Booy.

Ia menjelaskan, proses debat Calkada akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni Selasa (24/11) bertempat di Gedung Serba Guna Namrole dan Pelaksanaan debat kedua pada Sabtu (28/11) juga bertempat di Gedung Serba Guna Namrole.

Untuk diketahui, masa kampanye dimulai pada 26 September 2020 dan akan berakhir pada 5 Desember 2020. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020

Sementara Pilkada Bursel diikuti oleh tiga pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati, yakni pasangan nomor urut 1, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) yang diusung oleh Partai Golkar (3 kursi) dan Partai Gerindra (1 kursi).

Kemudian pasangan nomor urut 2, Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS) yang diusung oleh Partai Nasdem (3 kursi), Partai Hanura (2 kursi),  PPP (2 kursi).

Selanjutnya, pasangan nomor urut 3, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) yang diusung oleh PDI Perjuangan (2 kursi), PAN (2 kursi), Perindo (2 kursi), Partai Demokrat (2 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi). Pasangan ini pun didukung oleh lima partai non seat, yakni PKB, PKS, PSI, PKPI dan PBB. (S-35)