AMBON, Siwalimanews – Anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku yang juga kader Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku, Hendrik Lewerissa, mengajak seluruh pemuda GPM untuk mendukung penuh eksistensi AMGPM.

Dorongan ini disampaikan Lewerissa saat menjadi pembicara dalam kegiatan publik speaking dan etika pemuda Kristen disela-sela kegiatan reses yang bekerja sama dengan AMGPM Cabang Ebenhaezer, Sabtu (5/3).

Sebagai organisasi sayap GPM kata Lewerissa, AMGPM merupakan organisasi yang memiliki potensi besar untuk melahirkan potensi kepemimpinan di Maluku, artinya dengan kondisi daerah saat ini, maka angkatan muda harus mengambil peran penting.

“AMGPM ini memiliki kultur berorganisasi yang berbeda, maka semua potensi pemuda gereja harus bergabung. Saya sangat menyesalkan sekali kalau tidak bergabung dengan organisasi,” ujar Lewerissa.

Menurutnya, sejak negara Indonesia berdiri, banyak tokoh asal Maluku yang turut menentukan masa depan bangsa, karena itu pemuda gereja saat ini harus mengambil peran untuk melanjutkan perjuangan yang dilakukan para pendahulu.

Baca Juga: Saiful Sahri Resmi Jabat Kadivpas Maluku

Namun, sejak orde baru hingga reformasi ini, tidak terlalu banyak muncul dalam pusaran kekuasaan eksekutif pusat, sehingga kedepan harus ada generasi penerus yang berkiprah di pusat, khususnya dari Maluku.

“Untuk berkiprah di jajaran eksekutif pusat, maka pemuda harus memiliki kemampuan secara teknis yang harus melebihi pemuda di daerah lain, serta memiliki atitude dan perilaku yang baik, sebab jika tidak, maka pemuda Maluku akan kalah dalam persaingan dengan daerah lain,” tandas Lewerissa. (S-20)