Ambon – Sibuk dengan perayaan HUT Kota Ambon ke 444, mengakibatkan proses lelang jabatan 4 pejabat eselon II di lingkup Pemkot Ambon hingga kini belum dilakukan.

Lelang jabatan telah dibuka sejak tanggal 13 Mei 2019 lalu, namun sam­pai dengan saat ini belum dituntas­kan karena berbagai kesibukan pemkot.

Walikota Ambon, Ricahrd Louhe­napessy yang dikonfirmasi Siwalima di Baileo Rakyat Belakang Soya Ambon, Senin (9/9) usai rapat Pari­purna Penyampaian Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) mengakui, lelang jabatan belum dilakukan, karena kesibukan dengan perayaan HUT.

Kendati demikian, Walikota me­mastikan, dalam bulan September ini Pemkot akan melakukan pengujian jabatan 4 pejabat yang ada di Pem­kot Ambon yaitu, Kepala Badan Ke­uangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Badan Perencanaan Kota (Bappekot) dan Kepala Dispora Kota Ambon, dan Asisten III Sekot Ambon, Romelus Soplanit.

“Inikan masih ada kesibukan HUT Kota. Sekarang ini masalahnya kita mesti cocokan dengan waktu tim penguji dari pusat. Dan dalam waktu dekat ini, dipastikan September ini sudah dituntaskan,” jelas Louhena­pessy.

Baca Juga: Deadline ke Menteri Susi, Gubernur Jangan Melunak

Untuk diketahui, eks BPKAD Jack Talahatu dan Eks Kadis Dispora, Mo­rits Lantu dipecat karena tersan­dung kasus korupsi, Eks Bappekot Do­minggus Matulapelwa  dan Eks Asisten III Sekot yang sudah pen­siun.

Walikota mengatakan, ada 4 peja­bat yang akan dilelang, dan dipasti­kan dalam bulan ini sudah akan tuntas.

“Jadi bukan saja tiga itu, ada juga Asisten III yang sudah pensiun ke­marin. Intinya kami akan proses secepatnya,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, sejak dibuka lelang tiga jabatan di Pemkot Ambon tanggal 13 Mei 2019 lalu hingga saat ini baru delapan pejabat yang mendaftar.

Lelang jabatan Pemkot Ambon untuk menduduki jabatan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  dan Kepala Bapedda dan Lit¬bang

Kepala Badan Kepegawaian Kota (BKK) dan SDM Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, dari tiga jabatan tersebut yang belum me­menuhi kuota yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Yang masih tambah itu Dispora, karena baru dua yang mendaftar sehingga kami perpajang lagi. Dan untuk keuangan ada 4 orang, begitu pun Bappeda 4 orang jadi keduanya sudah lengkap,” kata Selanno kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (13/6).

Ketika ditanya nama-nama pejabat yang telah mendaftar, Selanno men­je­laskan ada beberapa pejabat yang telah mendaftarkan diri diantaranya, Plt Kepala keuangan Afries Gasperz di Keuangan, Kepala Dinas Per­izi­nan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Frenanda Louhenapessy di Bappeda, dan Sekretaris Dinas Pen­didikan Kota Ambon, Jhon Manu­putty di Dispora. (S-40)