AMBON, Siwalimanews – Dipastikan Lembaga Pemasyarakatan Klas III yang selama ini berada di Kecamatan Geser akan dipindahkan ke Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Kepastian pemindahan itu diwujudkan dengan penandatanganan serah terima barang milik daerah SBT berupa lahan yang nantinya akan dibangun Lapas klas III yang baru di Kota Bula antara Kakanwil Kemenkumham Maluku Andi Nurka dan Bupati SBT Mukti Keliobas, Kamis (5/8) kemarin.

Kakanwil Kemenkumham Maluku Andi Nurka mengaku, penandatanganan dan penyerahan sertifikat Tanah dari Kabupaten SBT kepada Kanwil Kemenkumham Maluku merupakan agenda penting yang sudah dicanangkan sejak lama.

Pasalnya, fasilitas UPT Lapas di Geser sudah tidak memadai, ditambah dengan jauhnya jarak dan rentang kendali penegakan hukum yang berada di Bula, sehingga dianggap perlu agar Lapas Klas III Geser dipindahkan ke Bula.

“Terima kasih sedalam-dalamnya dan sebesar-besarnya atas perhatian pak Bupati beserta jajarannya kepada Kemenkumham. Sudah sejak lama hal ini direncanakan, tetapi baru akhirnya wacana tersebut terlaksana hari ini,” ujar Nurka dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (7/8).

Baca Juga: Hakim Vonis Tanaya Bebas Murni

Adapun lahan yang dihibah Pemda SBT kepada Kemenkumham seluas 4 hektar, yang nantinya akan dibangun Gedung Lapas Kelas III yang Baru di Kota Bula beserta perumahan dinas pegawainya.

“Sekali lagi saya ucap terima kasih banyak kepada pak bupati beserta seluruh masyarakat SBT yang membuka hati dan memberikan lahan untuk Kemenkumham hadir disini. Kami selaku pimpinan di daerah akan mendorong segera hasil kegiatan ini ke pusat, sehingga kita berharap agar segera ditindaklanjuti,” janji Nurka.

Sementara itu, Bupati SBT Mukti Keliobas menambahkan, Pemda SBT juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Kemenkumham atas kepercayaannya membangun unit pelaksana teknis (UPT) Lapas Klas III di kabupaten ini.

“Saya berikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pak Kakanwil beserta rombongan yang bisa jauh-jauh hadir sampai di Kabupaten SBT yang jauh ini,” ucap Bupati.

Hal ini kata Bupati, tentu saja sangat dinanti-nanti, sebab selain sebagai salah satu pemenuhan sarana penegakan hukum di kabupaten ini, masyarakat SBT juga sangat bangga bisa menjadi bagian dalam pembangunan dan kemajuan Provinsi Maluku kedepan.

Untuk diketahui dalam kegiatan itu Kakanwil Kemenkumham didampingi oleh Kabag Umum La Margono, Kalapas Klas III Geser Idris Kilkoda, beserta para pejabat utama lainnya.

Rombongan Kanwil Kemenkumham Maluku ini disambut oleh Bupati SBT Mukti Keliobas beserta pim pinan OPD dan Forkopimda di Pendopo Bupati. (S-51)