DOBO, Siwalimanews – Bupati Aru Johan Gonga melantik dua Kepala Desa, di ruang kerja bupati, Kamis (17/3).

Kedua kades yang dilantik, yakni Kades Durjela, Kecamatan Pulau Pulau Aru Markus Kobrua dan Kades Warabal, Kecamatan Aru Tengah Selatan Siarajudin Mangar.

Bupati dalam arahanya mengatakan, kedua kades ini diLantik berdasarkan SK Bupati Nomor : 141 / 24 ,  141 / 25 Tahun 2022 tentang pengangkatan Kepala Desa Durjela Kecamatan Pulau Pulau Aru dan Kepala Desa Warabal Kecamatan Aru Tengah Selatan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Saat ini kita masih di hadapkan dengan pandemi Covid 19, sehingga diharapkan selalu melaksanakan Protokol Kesehatan yaitu selalu menggunakan masker dan melakukan vaksinasi,” pinta bupati.

Hari ini kata bupati, telah dilantik Kades Durjela yang merupakan periode kedua, sedangkan Kades Warabal merupakan periode awal.

Baca Juga: Bupati: Semangat Restorasi Jadi Primadona Kaum Milenial

Untuk bupati berharap, kedua kades harus loyal terhadap pemerintah yang ada, serta tunduk dan loyal terhadap pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah.

Kedua kades juga diminta untuk selalu berkordinasi dengan pemda mulai dari camat sampai bupati, sehingga mampu menjalankan roda pemerintahan di desa dengan baik.

“Saya juga minta masalah kamtibmas di desa, jangan terpengaruh dengan kepentingan politik, sehingga terjadi kesenjangan di masyarakat atau kekacauan di desa,” pinta bupati.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas pemerintah desa, kades harus selalu berkordinasi dengan Dinas PMD yang merupakan mitra kerja. Selain itu, masalah keuangan desa, harus berinovasi dan perdayakan BumDes d agar bisa berkembang serta harus memperhatikan kesehatan masyarakat desa.

Yang perlu diingat adalah, dana desa harus dipertanggungjawabkan, karena di kabupaten ini terjadi keterlambatan APBD, salah satu faktornya adalah, keterlambatan pertangungjawaban keuangan dari masing-masing dinas maupun desa.

“Jangan terpengaruh dengan hal-hal  yang lain. Ambil kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu para kades juga harus merangkul seluruh warga desa,” pesan bupati. (S-11)