AMBON, Siwalimanews – Lantamal IX Ambon menggelar  Sosialisasi tentang Maluku Diving Rescue Center dan Chamber Hyperbaric.

Kegiatan yang dikemas dalam acara coffe morning bersama unsur maritim wilayah Maluku itu dipusatkan di ruang rapat Mako Lantamal IX dibuka oleh Danlantamal Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono.

Menurut Danlantamal, sinergitas unsur maritim wilayah Maluku harus terjalin dengan baik, mengingat 92,4% wilayah pada provinsi ini adalah lautan dan begitupun transportasi laut banyak digunakan oleh masyarakat.

Bukan hanya wilayah laut yang luas, namun Maluku merupakan lumbung ikan nasional. Untuk itu, unsur maritim wilayah Maluku harus selalu siap dan profesional dalam menghadapi situasi di lapangan yang semakin kompleks dan dinamis.

Pada kesempatan itu Danlantamal juga memperkenalkan fasilitas Maluku Diving Rescue dan Hyperbaric Oxygen Therapy yang diresmikan Gubernur Maluku pada 7 Januari 2016. “Dengan tersedianya fasilitas ini diharapkan menjadi solusi untuk meminimalisir persoalan-persoalan aktual yang terjadi khususnya kecelakaan bagi penyelam,” ujar Danlantamal

Baca Juga: Danlantamal IX Panen Ikan Kakap Putih

Hyperbaric chamber merupakan fasilitas terapi oksigen yang biasa digunakan untuk memulihkan penyakit dekompresi akibat menyelam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal IX, para asisten Danlantamal, Dansatrol, para Kasatker Jajaran Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX, Kadis Pariwisata Maluku, Kasi Sumber Daya Basarnas Ambon, Perwakilan Club Selam se-Kota Ambon dan perwakilan mahasiswa dari IAIN. (S-21)