AMBON, Siwalimanews – Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal IX kembali memberikan pelatihan evakuasi medis laut kepada 204 mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM)

Pelatihan ini di pusatkan di dermaga Beaching Lantamal IX Ambon. Sebelum kegiatan, juga dilaksanakan pemeriksaan swab antigen dan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 kepada ratusan mahasiwa pada Sabtu, (22/5).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, dalam rilis yang diterima Siwalima, mengatakan kegiatan sangat bermanfaat.

“Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat karena dihadapkan dengan wilayah Maluku yang sebagian besar merupakan lautan, maka nantinya masing-masing mahasiswa mempunyai bekal untuk memberikan pertolongan awal kepada korban tenggelam,” jelas Jokowiyono.

Dijelaskan adapun pelatihan yang akan di ikuti oleh para mahasiswa meliputi tehnik manajemen pertolo­ngan korban di perahu karet, perto­longan korban menggunakan tandu air, tehnik mengapung (uitemate) dan pengenalan selam dasar.

Baca Juga: Tambang Emas Gunung Botak Kembali Ramai

Hadir mendampingi kegiatan mahasiswa tim dosen Manajemen Disaster Kelautan dan penanggung jawab lapangan kegiatan Evakuasi Medis Laut mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku. (S-39)