AMBON, Siwalimanews – Haru dan bangga, inilah yg dirasakan personel Lantamal IX saat apel khusus dalam rangka penaikan bendera Lantamal Teladan Tahun 2021 di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Senin (13/9) .

Usai aApel Khusus, dilanjutkan dengan syukuran yang dipusatkan di Gedung Dr J Leimena Lantamal IX. Pada kesempatan itu, Danlantamal IX Brigjen TNI Said Latuconsina, untuk pertama kalinya mengambil apel khusus tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel Lantamal IX atas kerjasama, kerja keras dan dedikasi dalam memelihara dan melaksanakan PDD Khas TNI AL dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Danlantamal.

Hari ini kata Danlantamal, merupakan momen bahagia bagi Lantamal IX Ambon, karena beberapa waktu lalu bertepatan dengan upacara peringatan HUT ke-76 TNI AL,  Lantamal IX meraih penghargaan sebagai Lantamal Teladan TNI AL tahun 2021.

Baca Juga: Bupati MBD Terima Penghargaan IVL 2021

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada Danlantamal IX Brigjen TNI Said Latuconsina, saat rangkaian upacara peringatan HUT TNI AL tahun 2021 di Mabesal Cilangkap Jakarta.

Sebuah kebanggaan besar bagi seluruh prajurit dan PNS Lantamal IX Ambon serta masyarakat Maluku pada umumnya, dengan penghargaan yang diraih oleh Lantamal IX Ambon.

Prestasi ini bukan diraih tanpa pengorbanan, namun kerja keras dari seluruh unsur Lantamal IX dan juga do’a dari seluruh masyarakat Maluku. Untuk menjadi nomor satu itu tidak mudah, harus melalui beberapa proses.

Penilaian Lantamal teladan meliputi beberapa aspek yaitu pengecekan software dan hardware penerapan peraturan dinas dalam, uji terampil personel serta pelaksanaan peran tempur dan darurat.

Aspek-aspek tersebut dirangkai dalam sebuah kegiatan dan dinilai oleh tim dari Mabesal. Hal itu merupakan tantangan tersendiri untuk prajurit Lantamal IX dalam menunjukkan profesionalitas dan kemampuan terbaiknya.

Letak geografis yang strategis, lingkungan yang asri turut mendukung menempatkan Lantamal IX Ambon sebagai pangkalan yang ideal. Selanjutnya menyongsong tugas yang sangat berat untuk meneruskan tradisi dan mempertahankan Lantamal IX Ambon sebagai pangkalan yang ideal, dibutuhkan tekad dan komitmen yang tinggi untuk mempertahankannya.

“Saya atas nama keluarga besar Lantamal IX mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemprov Maluku, dan Pemkot Ambon, serta instansi swasta yang telah turut berpartisipasi dalam mendukung kelancaran mempersiapkan Lantamal IX menghadapi penilaian pangkalan teladan TNI AL, hingga berhasil meraih predikat terbaik sebagai Lantamal Teladan TNI AL tahun 2021. (S-45)