Sorong, Siwalimanews – Laksamana Pertama Eko Jokowiyono resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon menggantikan pejabat lama Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto.

Laksamana Pertama Eko Jokowiyono resmi menjabat Danlanataml IX Ambon setelah dilakukan upacara serah terima jabatan di Gedung Serba Guna Koarmada III, di Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (5/8) yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto.

Laksma Budi Purwanto akan menduduki jabatan baru sebagai Waka Pushidrosal, sedangkan Laksma TNI Eko Jokowiyono, sebelumnya menjabat sebagai Karo Perencanaan dan Organisasi Bakamla.

Acara serah terima jabatan itu diawali dengan upacara pengukuhan dan pelantikan Inspektur Koarmada III, Kemudian secara bersamaan dilaksanakan upacara sertijab Danlantamal IX Ambon, Danlantamal XI Merauke serta Danlantamal XIV Sorong.

Acara sertijab Danlantamal yang merupakan jabatan strategis organisasi TNI AL di Maluku yang luas wilayahnya terdiri dari 93,2 % adalah lautan berlangsung sederhana, dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak sesuai dengan program pemerintah untuk melaksanakan social distancing dan physical distancing, menggunakan masker dan sarung tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Masih Banyak Pelanggaran Pada PSBB Transisi Tahap II

Turut hadir dalam acara tersebut para Asisten Pangkoarmada III, Dansat Koarmada III dan para Asisten Danlantamal XIV. (S-21)