AMBON, Siwalimanews – Setelah sukses membuka satuan latihan (satlat) pada beberapa sekolah dasar di Kota Ambon, Kodrat Maluku bekerjasama dengan kodrat Kota Ambon kembali membuka Satlat di SDN 76 Waiyame.

Pembukaan satlat ini diawali dengan pengrus Kodrat Maluku melakukan komunikasi dengan salah satu guru olahraga pada sekolah tersebut yakni Petrus Masela, yang juga senior dalam beberapa olahraga bela diri di Kota Ambon.

“Saya ingin kembangkan beladiri Tarung Derajat bagi anak didik saya, sebab ini adalah beladiri asli Indonesia jadi harus dikembangkan di Maluku,” ucap Masela di depan Ketua Harian Pengprov Kodrat Maluku Dominggus Jotlely yang turun meninjau langsung latihan perdana disekolah itu, Rabu (2/11) kemarin.

Sementara itu, pelatih Satlat SDN 76 Waiyame Fian Tulak mengaku, SDN 76 Waiyame sebenarnya yang awal membangun komunikasi untuk dibukannya Satlat Tarung Derajat, namun karena kesibukan jadwal sekolah, akhirnya baru sekarang bisa jalan.

“Untuk jadwal latihan yang ditetapkan adalah Rabu dan Jumat jam 5 sore. Untuk latihan awal diikuti 20 anak dari kelas IV dan VI, namun akan segera menyusul kelas I sampai dengan kelas III,” ungkap Fian.

Baca Juga: Sidak Markas Satlantas, Ini yang Dilakukan Kapolda

Semnetara itu, Kepala SDN 76 Waiyame Abraham Aitonam mengaku, pihak sekolah sangat mendukung dan membuka pintu seluas luasnya bagi Tarung Derajat berkembang di SDN 76 Waiyame.

“Bahkan, kita tidak menutup kemungkinan juga apabila warga di sekitar sekolah yang juga ingin membawa anaknya berlatih bersama, kita berikan ruang itu, demi berkembangnya olahraga ini,” tandas Aitonam.

Ketua Harian Pengprov Kodrat Maluku Dominggus Jotlely kepada Siwalimanews di Ambon, Kamis (3/11) mengaku, saat meninjau langsung latihan perdana ini dirinya cukup kaget dengan antusias para siswa dan siswi di SDN76 Wayame.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia menerima olahraga Tarung Derajat,” ujar Jotlely.

Jotlely mengaku, dengan dibukannya Satlat SDN 76 Waiyame, maka pada wilayah Kecamatan Teluk Ambon sudah bertambah lagi 1 satlat selain di SDN 1,2 dan 3 Poka serta SD 2 dan 4 Rumatiga.

“Semakin bertambahnya satlat semoga tahun depan Pengurus Tarung Derajat Kota Ambon yang dipimpin Fadli Toisuta sudah dapat mengagendakan kejuaraan usia dini di Kota Ambon,” harap Jotlely. (S-25)