NAMLEA, Siwalimanews – Kabupaten Buru kembali menambah 8 kasus positif baru, dengan demikian, jumlah pasien positif yang saat ini sementara menjalani perawatan sebanyak 39 orang.

Kedelapan pasien baru ini seluruhnya tanpa gejala alias OTG, dimana fisik mereka terlihat sehat namun di dalam tubuh mereka sudah terdapat virus corona. Mereka adalah FH (18) laki-laki, FA (31) perempuan,  MK (30) perempuan, HA (23) perempuan, SH (28) perempuan, SAH (30) perempuan, EP (31) perempuan dan IB (29) perempuan.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim saat dikonfirmasi Siwalimanews menjelaskan,  kedelapan OTG positif Covid 19 itu terdiri dari tujuh petugas rumah sakit dan satu pelajar yang orang tuanya juga sebagai tenaga kesehatan.

“8 pasien baru ini dengan rincian, 7 tenaga kesehatan di rumah sakit dan 1 pelajar,” ungkap Nani.

Pada kesmepatan itu juga Nani menghimbau agar masyarakat untuk tidak mendiskriminasikan mereka yang OTG.

Baca Juga: Tambah Lagi Pegawai DPRD Maluku Terpapar Corona

“Saat ada OTG yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, sesungguhnya mereka sedang melindungi orang lain agar tidak tertular, sehingga jangan kita diskriminasi mereka,” himbau Nani.

Menyusul dengan terus bertambahnya kasus positif khususnya OTG di Kabupaten Buru, satgas juga terus mengambil langkah-langkah tracking dan tracing guna memutus mata rantai penyebaran virus ini di masyarakat.

Pada hari ini, Satgas juga telah melakukan test swab pada 16 orang di Desa Savanajaya, Kecamatan Waeapo, kemudian berlanjut di Desa Warmorat masih di kecamatan yang sama.

“Di Savanajaya 16 orang, di Kaki Warmorat belum selesai karena masih ada keluarga pasien yang menolak di tracing. Kita masih menunggu konfirmasi dari Kades Waenetat,” beber Nani. (S-31)