AMBON, Siwalimanews – BNN kembali melakukan tes urine terhadap sekitar 400 ASN di sejumlah OPD di lingkup Pemkot Tual, Rabu (30/9). Ha­sil­nya, ada lagi 5 orang yang di­nyatakan posi­tif Narkoba.

“Jadi hari ini dilakukan tes urine untuk 400 lebih ASN dan ha­silnya lima orang ASN dinyatakan positif,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Tual, Moksen Ohoiyuf kepada Siwalima.

Tes urine dilakukan secara men­dadak. Ratusan ASN di beberapa OPD dikumpulkan di satu ruangan, kemudian dilakukan tes oleh BNN Kota Tual.

“Dengan penambahan 5 lagi ASN sekarang sudah 11 orang ASN kita yang dinyatakan positif,” terang Ohoiyuf.

Masih ada beberapa ASN yang belum dilakukan tes urine, karena tidak masuk kantor. “Sekitar 10 lagi ASN yang tidak masuk dengan alasan-alasan. Kita akan kejar besok. Kalau tidak da­tang kita tes urine di rumah masing-masing tanpa kecuali,” tandas Ohoiyuf.

Baca Juga: Dishub Belum Ijinkan Angkot Masuk Terminal

Ohoiyuf mengatakan, ASN diwajibkan melakukan tes urine untuk memastikan Pemkot Tual bersih dari Narkoba. “Jadi yang tidak datang kita akan kejar tanpa kecuali dan akan dika­wal oleh aparat Satpol PP di rumah ASN yang menolak tes urine,” ujarnya.

Setelah melakukan assessment ASN yang positif Narkoba, BNN akan menyampaikan laporan kepada Walikota Tual.

“Nama-nama ini secara resmi ke walikota, setelah disampaikan ke walikota baru petinjuk walikota seperti apa akan dipublikasikan ke masyarakat,” kata Ohoiyuf.

Sebelumnya, BNN melakukan tes urine bagi 106 ASN, Selasa (29/9) dan hasilnya enam orang positif Narkoba.

Kepala BNN Kota Tual Addnan Tamher menjelaskan, 106 ASN yang mengikuti tes urine ini berasal dari Dinas PUPR, Bagian Keua­ngan dan Badan Kepegawaian Daerah.

“Kita lakukan pemeriksaan test urine sejak pagi pukul 08.30 WIT sampai 12.30 WIT pada tiga instansi baik terhadap kepala dinas dan seluruh staf. Hasil yang kami temukan 6 ASN positif narkoba,” jelas Addnan Tamher kepada Si­walima melalui telepon selulernya.

Selanjutnya tim assessment yang terdiri dari BNN, Polres, ke­jaksaan dan Dinas Kesehatan akan merampungkan hasil kerja­nya untuk selanjutnya diserahkan kepada Pemkot Tual.  (S-39)