AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya 27 tenaga kesehatan di RSUD Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, terkonfirmasi positif Covid-19, kembali nakes terpapar.

Humas RSUD Saparua, Neles Handry Siahanenia mengungkapkan. pihaknya telah menerima 13 hasil PCR dari nakes Saparua dan hasilnya positif.

“13 nakes itu terdiri dari non medis dan medis. Jadi total.40.nakes yang terkonfirmasi. Mereka kondisi baik,” jelas Siahainenia kepada Siwalimanews melalui.telepon selulernya, Sabtu (10/7).

Menurutnya, 13 nakes tersebut telah menjalani isolasi mandiri di rumah dinas RSUD Saparua. Kondisi yang dialami para nakes ini merupakan program pihak rumah sakit untuk.melakukan pemeriksaan guna memastikan kondisi sehat dalam.memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga menepis kabar burung, bahwa nakes terpapar merupakan permainan rumah sakit.

Baca Juga: Corona Serang 27 Nakes RSU Saparua

“Pemeriksaan nakes kami lakukan, karena kami tidak ingin bawah.penyakit ke orang lain. Makanya untuk berikan pelayanan kesehatan kami harus sehat. Dan kami periksa. Ini program kami dari.hasil.pemeriksaan ada yang reaktif kami.lanjutkan dengan PCR. Ini bagian dari flouw up dan hasil.PCR keluar ada yang negatif ada yang positif,” ujarnya.

Ketika ditanya masyarakat Saparua tidak terpapar Covid, mengapa nakes yang justru terpapar, menurutnya hal ini karena masyarakat takut ke rumah sakit. Ketika dilakukan rapid test reaktif saja masyarakat memaksakan diri untuk keluar dari rumah sakit.

“Masyarakat takut ke rumah sakit. Kalau.reaktif saja masyarakat paksa untuk keluar. Tanda tangan surat untuk.keluar rumah sakit,” ujarnya.

Pihaknya telah melaporkan ke.Dinas Kesehatan Maluku Tengah, bahwa kondisi para nakes yang terkonfirmasi dalam keadaan baik. (S-19)