MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua didampingi sang istri Ruaty Tuasikal menyalurkan sejumlah bantuan ke masyarakat dengan nilai mencapai puluhan juta rupiah.

Bantuan yang disalurkan Bupati dua periode itu diserahkan langsung ke masyarakat dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Seti, Senin (11/10).

Dalam kunjungan kerja itu, Bupati berharap, pemerintah negeri dapat terus berinovasi dalam mengembangkan negerinya masing-masing, sebab pemda Malteng akan terus memberi dukungan penuh.

“Berkenan dengan kunker disaat ini, maka perlu dipahami oleh seluruh masyarakat bahwa pemda terus berkomitmen penuh dalam mengupayakan berbagai keberhasilan dan kemajuan daerah, sehingga melalui kunker ini, kami ingin mengetahui secara langsung situasi dan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di kecamatan sampai ke desa dan negeri,” tandas Bupati.

Selain mengharapkan agar pemerintah negeri dan desa mampu melakukan inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan serta pengembangan pembangunan, Bupati juga mengharapkan agar setiap negeri dan desa dapat memberikan dukungan penuh, atas upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tak Jalankan Fungsi Pelayaran, Panca Karya Harus Ditegur

“Perlu dipahami bersama bahwa menghadapi dampak Covid-19 hingga saat ini, pemerintah terus berupaya untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat, tetapi juga berupaya untuk meningkatkan herd immunity (kekebalan) masyarakat melalui program vaksinasi guna mencegah dan memutus penyebaran COVID-19,” tutur Bupati.

Oleh sebab itu, Bupati berharap ada perhatian serius dan dukungan dari pemerintah kecamatan maupun negeri dan desa agar terus berupaya mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi massal yang digalakkan di seluruh desa, sehingga nantinya cakupan vaksinasi di Kabupaten Malteng semakin meningkat dan masyarakatnya semakin sehat dan juga perekonomian daerah dapat semakin membaik.

Untuk diketahui dalam kunker itu Bupati bersama istri menyerahkan sejumlah bantuan berupa tambahan Pagu ADD kepada seluruh negeri dand esa di Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan juga bantuan kepada masyarakat, antara lain dokumen kependudukan berupa KK, KTP, bantuan cadangan beras pemda bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 3,9 ton,  bantuan pemerintah bagi usaha mikro, bantuan kegiatan pengembangan bahan pustaka berupa buku sebanyak 135 buah, bantuan dana rehabilitasi irigasi tersier sebesar Rp 75 juta kepada 8 kelompok tani, bantuan mesin penggiling padi 1 paket, 5 unit handtractor t, 34 unit mesin pompa air, 2 unit mesin tanam padi dan bantuan sosial rumah swadaya sebesar Rp 20 juta kepada 59 KK, serta berbagai pelatihan bagi kader-kader PKK di kecamatan tersebut.

Penyaluran bantuan ini, merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemda Malteng untuk terus dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendorong peningkatan ketahanan ekonomi keluarga. (S-36)