BUPATI Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua didampingi Ibu Amien Ruaty Tuasikal berkunjung ke sejumlah kecamatan untuk memastikan pelaksanan penanganan Covid-19 di wilayahnya berjalan, sebagaimana yang dilakukannya di Kecamatan Leihitu dan Leihitu barat, Kamis hingga Sabtu (16-18/9) pekan lalu.

Dalam kunker itu Bupati dan Ibu Amien Ruaty meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar pemerintah kecamatan di dua wilayah itu. Tak hanya itu sejumlah bantuan pun disalurkan ke masyarakat diantaranya penyerahan tambahan pagu anggaran Dana Desa, bantuan 45 paket sembako Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi Nelayan, serta dokumen kependudukan berupa KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan sebagainya.
Dalam kesempatan itu Bupati menegaskan, kunker yang dilakukannya adalah wujud perhatian pemerintah Kabupaten Maluku Tengah kepada masyarakat terutama dalam hal penanganan Covid-19.
“Berkenan dengan kunjungan kerja disaat ini, maka perlu diketahui oleh seluruh masyarakat bahwa selaku kepala daerah, saya ingin memastikan bahwa pemerintah kecamatan dan pemerintah negeri turut aktif dalam penanganan Covid-19 serta memastikan pelaksanaan vaksinasi massal berjalan di kecamatan bahkan hingga ke seluruh Negeri di Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Tuasikal.
Pemerintah kabupaten tertua di Maluku itu sambung bupati dua periode itu sangat serius memberi perhatian bagi penanganan Covid-19.
“Hal ini tentunya semata-mata kami lakukan sebagai bukti komitmen dan kepedulian pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah untuk dapat menjawab berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat khususnya ditengah dampak kondisi pandemi virus corona saat ini,” jelasnya.
Dikatakan, percepatan pelaksanaan vaksinasi massal adalah bentuk keseriusan pihaknya untuk melindungi masyarakat dari serangan penyakit mematikan itu yang secara tidak langsung akan mampu memperbaiki kondisi perekonomian daerah.
“Hal ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk terus berupaya mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi massal digalakan di seluruh kecamatan hingga negeri/kelurahan dengan sasaran penerima vaksin yaitu bagi lansia, pralansia, dan pendidik sebagai bagian dari upaya pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan kesehatan masyarakat dan juga perekonomian daerah dapat semakin membaik,” ujar Tuasikal.
Bupati mengajak seluruh masyarakat di Leihitu dan Leihitu barat untuk terus mendukung serta mensukseskan program kerja pemerintah kabupaten.
“Saya mengajak kita semua untuk terus dapat mendukung berbagai program pembangunan dan upaya penanganan pandemi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas serta turut menyukseskan program vaksinasi demi keselamatan kita masing-masing dan mencapai kekebalan komunitas untuk mengatasi pandemi ini,” tukasnya.
Untuk diketahui sejumlah bantuan yang diberikan pemerintah kabupaten Malteng saat itu adalah wujud kerjasama pemerintah kabupaten dan DPW PKK serta BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Maluku Tengah yang kemudian diikuti dengan penyerahan sejumlah paket bantuan yakni berupa Bantuan Sembako bagi Anak Yatim Piatu sebanyak 45 paket, Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi 88 Nelayan, Dokumen Kependudukan berupa KK, KTP, Akte Kelahiran bagi masyarakat Dusun Waiyasel, Waiputih dan Wailapia serta melaksankan kegiatan Pengobatan Massal. (S-36)