AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya mengunjungi Kabupaten Aru dan MBD, kini Kabupaten Buru Selatan menjadi destinasi lanjutan Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri untuk mengcek persiapan pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut.

Kapolda dan rombongan tiba di Kota Namrole Jumat (4/12). Di sana mantan Kakorlantas Polri itu langsung menggelar pertemuan dengan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan serta pengamanan Pilkada di daerah itu. Pada kesempatan itu, Kapolda juga memberikan atensi terkait protokol kesehatan yang harus di perhatikan pada pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahun sekali ini.

“Yang membedakan pilkada tahun ini adalah bagaimana terselenggaranya juga protokol kesehatan, jadi pimpinan partai, paslon, simpatisan, dan kader agar bisa jadi panutan dalam penerapan protokol kesehatan, karena animo masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi juga harus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga keamanan serta ketertiban,” ujar Kapolda.

Ia juga minta TNI, Polri dan Linmas agar bersinergi dalam memainkan perannya sebagai aparat pengamanan.

Baca Juga: Terpidana Korupsi Rumput Laut Bayar Denda 471 Juta

“Khusus untuk Kapolres dan Wakapolres serta Dandim dan Kasdim, kiranya bergantian untuk bermarkas di Namrole untuk melakukan pengawasan pengamanan pilkada di Bursel,” pinta Kapolda.

Mantan Kakorlantas Polri ini juga memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara. Dirinya meminta jajarannya untuk menopang tugas penyelenggara dari sisi keamanan agar menghasilkan pilkada yang lancar, aman, tertib, jujur, adil dan bermartabat.

“Tanpa adanya perencanaan dan persiapan dari KPU, maka tidak akan terselenggara pilkada sampai sejauh ini. Bawaslu juga yang telah menyiapkan pengawasan-pengawasan yang baik dalam proses ini, mari kita dukung agar Pilkada di daerah ini  berjalan dengan baik,” ajak Kapolda. (S-45)