Kuara Siap Benahi Bursel

AMBON, Siwalimanews – Bakal Calon Wakil Bupati Buru Selatan Frans Nikolas Tanpati Kuara mengaku, siap membenahi Kabupaten Bursel demi mewujudkan Kabupaten Bursel yang mandiri, bersatu tangguh dan berdaya saing.

Untuk mewujudkan keinginannya yang tercantum dalam visi dan misinya tersebut,  maka program pembangunan akan direalisasikannya dalam tiga tahap, dimana  tahap pertama dari pembangunan akan dimulai dari tahapan inisiasi dan rekonstrukturisasi.

Tahap ini akan dilaksanakan selama 1 tahun sejak ditetapkannya wakil dan bupati terpilih dan yang diprioritaskan adalah, penguatan kapasistas kelembagaan pemerintahan kabupaten, pemenuhan pelayanan dasar masyarakat berupa kesehatan dan pendidikan, penguatan sarana dan prasarana dasar kabupaten baik infrastruktur jalan, mapun pelayanan publik lainnya.

“Selain itu mempercepat proses kebijakan tata ruang dalam penyusunan RT/RW kabupaten dan RDTRK kawasan strategis serta dokumen penataan ruang lainnya dan merstrukturisasi kembali birokrasi pemkab yang efektif dan efesien,” tandas Kuara saat menghubungi Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Selasa (3/12).

Untuk tahap kedua kata Kuara, merupakan tahap kelanjutan dari tahap pertama sebagai tahapan akselerasi dan penguatan fondasi yang sudah ada. Tahap ini diprioritaskan pada perkuatan kualitas pelayanan dasar masyarakat (pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan) dan pemenuhan layanan dasar perkotaan berbasis partisipasi dunia usaha pengembangan.

Kegiatan yang dapat dilakukan sebagai upaya dalam peningkatan akses dan pemerataan terhadap pendidikan dan kesehatan adalah penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk optimalisasi pemanfaatan fasilitas yang ada serta menumbuhkan partisispasi dan memberdayai masyarakat termasuk lembaga keagamaan dan organisasi sosial masyarakat untuk menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini.

“Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas termasuk pembangunan unit sekolah baru, ruang kelas baru, laboratorium, perpustakaan buku pelajaran dan peralatan peraga pendidikan yang disertai dengan penyediaan pendidik dan tenaga kependidikan secara merata, bermutu dan tepat lokasi,” ujarnya.

Selain itu, penataan bidang keahlian pada pendidikan menengah kejuruan yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja yang didukung oleh upaya meningkakan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dalam dan luar negeri serta penyediaan karyawan kesehatan, terutama pada fasilitas puskesmas.

Bertolak dari gambaran kabupaten Bursel serta berbagai SDA yang dimiliki serta gambaran letak geografik kabupaten ini, maka permasalahan yang dihadapi dalam pemanfaatan SDA di Bursel adalah, kondisi geografis Bursel sebagian besar adalah laut. B

“Berdasarkan luas laut yang ada di Bursel, maka masih besar wilayah penangkapan ikan, serta sumber-sumber hasil laut yang belum dijamah nelayan dan masyarakat karena sampai sekarang masih gunakan alat penangkapan tradisional dan belum ada yang gunakan teknologi modern,” tuturnya.

Selain itu, masih kurangnya perhatian dari pempus maupun daerah dalam penanganan mengenai wilayah perbatasan, sehingga kapal ikan dari wilayah lain ataupun negera lain (Asing) yang berani masuk perairan Bursel untuk menangkap secara ilegal.

Sebagai upaya pembangunan daerah tertinggal dalam meningkatkan SDM, maka meningkatkan taraf hidup masyarakat, menicptakan lapangan pekerjaan dalam pemanfaatan hasil laut juga membantu program pemerintah untuk menekan angka kemiskinan.

“Untuk itu solusi yang harus dilakukan adalah, menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang ditunjang dengan teknologi yang memadai/canggih,” ujarnya.

Untuk diketahui, keseriusan Kuara untuk mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Bursel ditunjukan dengan dirinya telah resmi mendaftar di Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) serta partai Hanura. Ia juga merencanakan akan mendaftarkan diri di beberapa partai lainnya. (S-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *