AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya memastikan seluruh logistik pilkada akan tiba sebelum pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember mendatang.

Penegasan ini disampaikan Ketua KPUD MBD, Jacob Aloupatty Demi kepada Siwalima, Selasa (1/12) menanggapi masih adanya kekurangan logistik pilkada.

“Semua kekurangan logistik itu sudah kami koordinasikan dan terkonfirmasi oleh perusahaan pencetakan,” ujar Demi saat dikonfirmasi Siwalima, Selasa (1/12).

Menurutnya, kekuranga surat suara sebanyak 800 lembar lebih telah tiba di MBD dan selanjutnya telah dilakukan proses sortir untuk selanjutnya akan didistribusikan ke 17 Kecamatan yang ada.

Untuk logistik daftar pasangan calon sudah didistribusikan oleh perusahaan dan juga telah tiba di Ambon sehingga akan didistribusikan ke Kabupaten MBD.

Baca Juga: Hak Pilih 171 Warga Desa Dosi Terancam Hilang

Terkait dengan logistik form C plano hasil sampai dengan saat ini belum ada di Kabupaten dan telah dikomunikasikan dengan pihak perusahaan untuk segera mungkin dilakukan pendistribusian ke Ambon dan selanjutnya dibawah ke MBD demgan menggunakan pesawat trigana air.

Sementara itu, untuk buku panduan KPPS sudah tidak memungkinkan lagi, sebab desain buku panduan KPPS baru terbit dari KPU RI beberapa hari kemarin, sehingga masih terkendala untuk proses percetakan dan distribusi.

“Kalau menghitung waktu yang tersisa maka buku panduan ini sudah sangat sulit untuk didistri­busikan, mengingat rencana jadwal logistik untuk bergeser dari KPU pada hari besok atau lusa,” tandasnya. (S-50)