AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon menerima Bendera Kirab Pemilu tahun 2024, yang dipusatkan di Kantor  KPU Kota Ambon, Minggu (4/5).

Bendera Kirab Pemilu 2024 di serahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan, Syarif Mahulauw kepada Ketua KPU Kota Ambon Muhammad Shaddek Fuad.

Dalam sambutan Pejabat Walikota Ambon Boedwin M Wattimena mengatakan, kirap pemilu sudah diserahkan secara resmi tadi pagi dari Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan kepada KPU Kota Ambon. Dan saat ini bendera tersebut berada di wilayah administrasi Pemerintah Kota Ambon.

“Menjadi tanggung jawab bersama kita baik KPU Kota Ambon, maupun seluruh stakeholder termasuk Pemerintah Kota Ambon agar bisa secara efektif untuk memanfaatkan momentum kirab ini sebagai bagian dari upaya sosialisasi kita kepada seluruh masyarakat warga Kota Ambon,” ujarnya.

Dikatakan, kirap di Kota Ambon akan dilaksanakan mulai Minggu (4/6) hingga Kamis (8/6) di lima kecamatan, tujuannya memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pemilu kepada masyarakat, pengenalan bendera Partai Politik peserta pemilu cek DPT online serta sosialisasi daerah pemilihan yang ada di Kota Ambon.

Baca Juga: Pattimahu: Sistem Proporsional Tertutup Kendorkan Semangat Demokrasi

Dalam kurun waktu itu, lanjut Wattimena, harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menunjang efektivitas maupun sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat di Kota Ambon.

“Mungkin moment kirap seperti ini sangatlah penting, karena Pemilu pada tahun 2024 tinggal menghitung hari dan tidak sampai setahun lagi tangga 14 Februari 2024 nanti. Bahkan tidak lama berselang akan dilanjutkan dengan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil kepala daerah Provinsi Maluku,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Wattimena meminta kepada para camat, lurah, kepala desa dan kepala pemerintahan negeri di Kota Ambon. Untuk mensosialisasikan dan menyampaikan kepada warga masyarakat, bahwa tanggal 14 Februari 2024 bertepatan dengan hari kasih sayang akan dilaksanakan pemilu.

“Saya senantiasa mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan Pemilu 2024 mendatang, dapat mencerminkan bahwa Kota Ambon memang betul-betul siap melaksanakan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat. Tidak hanya dari sisi pelaksanaannya saja. Tetapi juga dari sisi konduktivitas Kota Ambon yang kita cintai,” tegasnya.

Wattimena juga mengingatkan, di daerah kemajuan teknologi informasi saat ini semua hal lebih terbuka dan transparan di media sosial. Apapun yang dilakukan, akan sangat mudah disoroti oleh masyarakat.

“Sukses pemilu bukan hanya bersandar integritas penyeleng­gara Pemilu semata, dan peserta pemilu saja namun harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan,” cetusnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Ambon Muhammad Shaddek Fuad mengatakan, keberadaan Bendera Kirab Pemilu ini sebagai bentuk kesiapan KPU untuk memperkenalkan para peserta pemilu, karena dalam rombongan Bendera Kirab Pemilu itu, selain membawa bendera merah putih, juga ada bendera KPU, serta bendera 18 Parpol yang merupakan peserta pemilu 2024.

“Tentu partisipasi masyarakat menjadi hal yang kita targetkan karena semakin tinggi partisipasi masyarakat. Kita yakin bahwa semakin tinggi tingkat pemaha­man masyarakat, bagaimana kehidupan demokrasi dan bagaimana menyikapi hal politik yang dimiliki setiap masyarakat,” ujarnya. (Mg-1)