NAMROLE, Siwalimanews – KPU Buru Selatan memastikan akan menggelar rapat pleno penatapan pasangan calon pada Rabu (23/9).

“Besok direncanakan rapat pleno itu pukul 10.00 WIT. Pleno ini sudah tidak lagi terbuka. Kita akan gelar pleno tertutup tanpa undang para pihak. Hasilnya nanti baru diumumkan pada halaman website resmi KPU Bursel,” jelas Komisioner KPU Bidang Divisi Teknis, Ismudin Booy kepada wartawan di ruang kerjannya, Selasa (22/9).

Namun sebelum sampai ke tahapan ini kata Booy, ada masa perbaikan syarat calon sejak 14-16 September  dan verifikasi syarat calon 16-22 September.

Pada pengumuman KPU berkaitan dengan perbaikan syarat calon telah dicantumkan himbauan kepada masyarakat untuk menyampaikan laporan terkait dengan ketiga paslon ini.

“Sampai dengan penyampaian batas laporan 16-21 September tak ada laporan masyarakat yang masuk berkaitan dengan perbaikan syarat calon yang ada,” tuturnya.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Pasar Mardika Akhirnya Dibongkar

Sementara menyangkut dengan beberapa dokumen yang oleh KPU Buru Selatan penting untuk dilakukan perbaikan telah dilakukan verifikasi dan hanya ada salah satu dokumen salah satu calon yang masih perlu dilakukan klarifikasi.

Klarifikasi itu, Komisioner KPU telah memperolehnya dari lembaga berwenang yang berkaitan dengan dokumen syarat calon tersebut dan kini tim telah kembali ke Bursel.

“Belum bisa kita sebutkan, nanti sudah selesai semua baru kita bisa berpendapat berkaitan dengan administrasi itu,” janjinya.

Hari ini, Komisioner KPU akan menggelar rapat bersama untuk melihat kembali dokumen dimaksud serta menentukan status keabsahannya berdasarkan indikator keabsahan yang diatur dalam keputusan KPU Nomor 394.

“Dalam rapat ini tentu kita akan uandang Bawaslu untuk bersama-sama melihat kembali dokumen ini,” ucap Booy.

Ditambahkan, setelahs elesai membahas dokumen tersebut, besok Rabu (23/9) KPU Bursel menggelar rapat pleno penetapan paslon yang dilakukan secara tertutup.

Untuk diketahui terdapat tiga paslon yang telah resmi mendaftar ke KPU. Ketiga pasangan itu masing-masing, Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS), Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) dan pasangan Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB/Anak Kampong).

Pasangan MANIS diusung oleh Partai Hanura, Nasdem dan PPP,  sementara pasangan SMS-GES didukung PDIP, PKB, Demokrat, Perindo, PAN dan Berkarya, sedangkan pasangan AJAIB/Anak Kampong didukung Partai Golkar dan Gerindra. (S-35)