AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 60 mobil dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, hingga saat ini belum dikembalikan sejumlah mantan pejabat yang terdiri dari para pensiunan dan lain sebagainya.

Atas dasar tersebut, Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (Korsupgah KPK) Wilayah Maluku dan Papua melakukan pendampingan kepada Pemerintah Kota Ambon, guna menarik kembali mobil dinas yang masih berada di tangan yang tidak berhak.

Ketua Tim Korsupgah KPK RI Wilayah Maluku dan Papua, Dian Ali, kepada wartawan, Jumat (30/9) mengatakan, sesuai dengan data yang dimiliki pihaknya, ada sebanyak 60 unit mobil yang saat ini tengah dikuasi oleh pejabat maupun mantan pejabat Pemkot Ambon.

“Ada sekitar 60 kendaraan roda empat yang masih dikuasai oleh yang tidak berhak, baik itu oleh pejabat yang aktif seperti Asisten I dua unit mobil, atau pensiunan mantan Walikota, mantan Wakil Walikota (Wawali), serta Mantan Ketua DPRD Kota,” jelasnya.

Dikatakan Dian Ali, dalam sidak yang dilakukan, dari 60 mobil dinas dimaksud empat diantaranya telah ditarik masing-masing dari Mantan Ketua DPRD Kota Ambon Periode 2014-2019 James Maatita dan Mantan Wakil Walikota Ambon 2017-2022 Syarif Hadler.

Baca Juga: Awasi Penyaluran BLT, DPRD akan Panggil Dinsos

“Pagi tadi (Jumat red-), mantan Ketua DPRD Kota sudah mengembalikan mobil dinas tipe Fortuner warna putih yang dipakai. Begitu juga dengan yang dipakai Mantan Wawali, sudah dikembalikan langsung ke Pemkot,” ungkapnya.

Sementara mobil Fortuner yang satunya juga masih ada di mantan Walikota Ambon. Tadi kita sudah ke rumahnya dan diinformasikan ada di Citraland. Tadi, saya juga sudah berbicara dan anaknya berjanji akan secepatnya mencari tahu dimana posisi kendaraannya,” ujarnya.

Dian Ali menambahkan, dari 60 kendaraan roda empat yang dikuasi oleh pihak yang tidak berhak, empat sudah dikembalikan. Pihaknya akan tetap melakukan pemantauan ketat selama satu bulan terhadap 56 unit lainnya.

“Target kita, awal November 60 kendaraan tersebut sudah bisa diselesaikan. Oh iya, da satu mobil yang rusak yaitu mobil mantan Kepala Dinas Pertanian tipe Inova juga akan diderek malam ini,” katanya.

“Jadi hari ini insya Allah dapat empat ditambah satu di mantan Kepala Dinas Pertanian. Jadi bisa ada 56 atau 55 lagi target sampai satu bulan ini. Mohon dukungan dari teman -teman semuanya,”  harap Dian. (S-08)