AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemberantasan Korupsi menilai Pemerintah Kota Ambon mulai membangun tata kelola pemerintahan dengan baik.

Menurut Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah Maluku Epakartika, mengaku Kota Ambon saat ini sudah sangat responsif berupaya membangun tata kelola pemerintahan dengan baik sehingga patut untuk diberikan apresiasi yag tinggi.

“Kami bersyukur bantu Kota Ambon karena sangat responsif dalam melakukan perubahan. Ambon termasuk daerah yang maju, punya kontribusi yang kuat untuk masyarakat dengan sistem yang dibangunnya,” ucap Epakartika saat event road to Hari Anti Korupsi se-dunia (Hakordia) 2022 yang diselenggarakan KPK, di Badung, Bali, Jumat (25/11) kemarin.

Ia mengaku, ada sejumah program yang dijalankan tim Kopsurgah KPK, baik itu terkait optimalisasi pajak, penyelamatan aset, berupa kendaraan roda empat, serta tanah dan bangunan dan itu mendapat respon positif dari Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan jajaran pemkot.

“Mulai dari transformasi digital yang sudah dicanangkan pada HUT Kota Ambon bulan September lalu, dan itu jadi komitemen Penjabat Walikota dan juga OPD untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik, yang semuanya berbasis digital,” uajrnya.

Baca Juga: Kontingen Taekwondo Malteng Sabet 6 Medali

Pada kesempatan itu, pihaknya juga memuji kinerja Wattimena selaku penjabat, yang meski  baru beberapa bulan menjabat, sudah menunjukan komitmen membangun Kota Ambon ke arah yang lebih baik.

Event road to Hakordia ini digelar, untuk menunjukan kepada publik, bahwa daerah-daerah di wilayah V Kopsurgah KPK, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT dan Bali, siap untuk melakukan perubahan.

“Ini penting, karena ini menjadi kunci pelayanan publik yang lebih baik, yang bebas dari transaksi dan kami di KPK sangat support itu,” tandasnya.

Sementara itu, Inspektur Kota Ambon, J Silano menyampaikan terima kasih kepada Tim Kopsurgah wilayah V KPK, yang telah banyak membantu dalam pembenahan pengelolaan pajak dan barang milik daerah.

“Kita dipenataan aset sangat terbantu, di pajak juga terbantu oleh KPK dalam menata sistem prosedur sampai penindakan semua itu dinilai oleh Korsupgah wilayah V. Hal ini juga tak lepas dari arahan dan petunjuk pak Penjabat Walikota dan juga sekot,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam event itu, juga digelar pameran kegiatan Kopsurgah KPK di kabupaten/kota dan stand Kota Ambon dinilai sebagai stand terbaik ketiga. (S-25)