AMBON, Siwalimanews – Puluhan prajurit dari Korps Wanita Angkatan Darat Kodam XVI Pattimura yang merupakan prajurit TNI AD mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang dipusatkan di Aula Puskodalopsdam Pattimura.

Pelantihan yang diberikan seperti pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan pertahanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial, pembinaan bakti TNI, serta lima kemampuan teritorial.

“Teritorial merupakan salah satu tugas utama TNI AD, yang tertulis dalam Doktrin Kartika Eka Paksi, maka dari itu, sudah sewajarnya setiap prajurit TNI AD menguasai dan terampil dalam mempraktekan tugas di bidang tersebut,” pesan Aster Kasdam XVI Pattimura, Kolonel Inf Hasandi Lubis.

Ia mengaku Kowad juga yang memiliki tugas dan peran penting setara prajurit pria lainnya.

Mengingat tugasnya sebagai TNI AD, yang bukan hanya urusan Protokoler saja. Untuk itu kegiatan memberikan pemahaman dan pembekalan, sehingga harus mempunyai kemampuan handal dalam tugas, serta mempunyai pengetahuan dan keterampilan Apkowil.

Baca Juga: Mesin Parkir Elektronik Jadi Senjata Dishub!

“Tidak menuntut kemungkinan bahwa, banyak Babinsa yang lazimnya dijabat oleh seorang prajurit TNI AD pria, bisa dijabat oleh Kowad, untuk itu perlu dibekali kemampuan teritorial,” ujar Aster.

Lebih lanjut dikatakan peran ganda yakni sebagai prajurit TNI AD serta kodrat sebagai seorang wanita adalah tugas yang mulia.

“Meskipun wanita tetap militer dan meskipun militer tetap wanita,” ujarnya singkat. (S-09)