AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon sam­pai dengan saat ini masih berada pada peta zonasi orange, yang artinya secara oto­matis PSBB tran­sisi tahap XIII tetap akan berlanjut. Hal tersebut ditegaskan Wali­kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Menurutnya selama Kota Ambon masih berkutat pada peta zonasi yang sama dan tidak ada perubahan yang cukup signifikan dan mem­bawa Kota Ambon menuju zona Kuning, maka PSBB Transisi akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

“Sambung terus toh dengan sanksi yang sama, tetap sepanjang Ambon masih dalam zona orange tetap itu kita akan melaksanakan pembatasan terus,” papar Louhena­pessy kepada wartawan di halaman parkiran Balai Kota Ambon, Senin (11/1).

Louhenapessy mengungkapkan, memasuki PSBB Transisi XIII ini, aturan yang sama masih berlaku yakni pemberlakuan jam operasional kuliner malam yang berakhir di pukul 23:00 WIT, gerai moderen yang tetap tutup di pukul 21:00 WIT, supermarket yang tetap ditutup pada puki 21:00 WIT, dan penerapan 4M yang semakin diperketat.

Dijelaskannya, masuk PSBB Transisi tahap XIII Pemkot dalam hal ini Satgas Covod-19 Kota Ambon, akan lebih perketat pengawasan pada lokasi-lokasi atau kegiatan yang memiliki potensi timbulnya klaster baru ditengah warga masya­rakat Kota Ambon.

Baca Juga: DPRD Minta Dinkes Sosialisasi Vaksin Covid-19 ke Masyarakat

“Ya terutama untuk potensi-potensi timbulnya klaster baru itu misalnya kalau pesta-pesta, yang memang sangat kita berikhtiar itu acara duka itu yang memang harus kita pertimbangkan betul itu, karena itu memang kita harus sedapat mungkin itu diharapkan seluruh orang yang melayat harus memakai masker,” bebernya.

Lanjut politisi Golkar tersebut mengungkapkan, langkah itu diam­bil sebab sangat sulit dalam me­ngatur jarak ketika berada pada ke­giatan-kegiatan dimaksud. “Karena mengatur jarak itu kadang-kadang emosional agak susah tapi paling tidak itu memakai masker untuk itu,” kata Louhenapessy.

Dirinya menambahkan, apabila keadaan membaik maka langkah tersebut dengan sendirinya akan disesuaikan dengan keadaan. “Sampai kalau dia sudah zona kuning kita akan evaluasi lagi tapi sampai hari ini masih tetap orange sehingga PSBB tetap diperpanjang untuk itu,” pungkas Louhenapessy.

Sementara itu, juru bicara Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, yang ditemui pada tempat berbeda mengungkapkan sampai dengan saat ini Kota Ambin masih berada pada peta zonasi orange dengan total skor mencapai 2.07.

Oleh sebab itu, diakuinya PSBB transisi tahap XIII tetap berlanjut dengan tetap melaksanakan operasi yustisi guna mengedukasi masyara­kat, terkait dengan penerapan pro­tokol kesahatan yang sangat penting agar terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19.

“Langkah-langkah operasi yustusi juga menunjukkan hasil yang cukup baik agar masyarakat Kota Ambon tetap dalam pember­lakuan 4 M, tandasnya. (S-52)