AMBON, Siwalimanews – Personel Babinsa Koramil 1508-03 Kao, Kodim 1508 Tobelo membantu warga Desa Gamlaha, Kecamatan Kao Utara yang terdampak bencana angin puting beliung pada, Kamis (5/5) sore.

Bekerjasama dengan BPBD, para prajurit melakukan evakuasi kepada warga ke tempat yang lebih aman, serta melakukan pendataan kerusakan rumah warga.

Danramil 1508-03 Kao, Kapten Inf Abd Muchsin dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Sabtu (7/5) mengaku ini merupakan langkah cepat tanggap TNI AD, dengan mengusung Semangat Mutiara Pattimura, Babinsa selalu hadir di tengah kesulitan masyarakat.

“Akhir- akhir ini memang cuaca kurang bersahabat, hingga hari ini terjadi bencana puting beliung. Setelah menerima laporan ada bencana puting beliung, langsung kami mengerahkan personel untuk evakuasi dan pengambilan data. Ada sejumlah rumah warga yang rusak dan warga yang luka-luka,” ujarnya.

Dari data yang ada secara keseluruhan terdapat 24 rumah yang mengalami kerusakan. 15 rumah rusak berat, 5 rumah rusak sedang dan 4 rumah rusak ringan.

Baca Juga: Kapolda Perintahkan Anggota Pantau Arus Balik

“Warga yang mengalami luka ringan sebanyak 3 orang,” jelasnya.

Menerima laporan kejadian Danrem 15 2 Baabullah, Brigjen TNI Novy Rubadi Sugito memerintahkan Dandim 1508 Tobelo, Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra untuk segera mengambil langkah-langkah awal penanganan bencana.

Dandim  menjelaskan, hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung, yang terdampak sebanyak 30 KK. “Mereka ditam­-pung di rumah warga terdekat yang lebih aman,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kapendam XVI Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo menambahkan, proses evakuasi dan penanganan bencana puting beliung ini akan dilakukan hingga tuntas, serta menggandeng instansi terkait lainnya dalam proses pelaksa­naannya. “Proses evakuasi dan penanganan warga terdampak puting beliung ini masih terus berlangsung, dilakukan secara kontinyu, tidak hanya membersihkan puing-puing saja, namun kita juga memperhatikan kondisi warga,” ungkapnya.

Dandim juga akan mengerahkan personel siaga Kodim 1508 Tobelo dan Pos Satgas Kodim Yonif RK 732 Banau terdekat, yang besok akan dikerahkan  untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak,” jelas Kapendam. (S-10)