AMBON, Siwalimanews – Kontingen Karate Polda Maluku. keluar sebagai juara umum kejuaraan karate, pada  kejuaraan bertajuk Rektor Unpatti Cup II, yang berlangsung di GOR kampus tersebut 19-22 November 2021, setelah berhasil menyabet 4 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Pelatih Karate Polda Maluku Aipda Okto Waatwahan mengatakan, kejuaraan yang digelar tersebut terbagi dalam tiga kategori, yakni ketegori untuk siswa SMA, Perguruan Tinggi dan Umum.

Untuk Kontingen Polda Maluku sendiri berlaga di kategori umum dengan menurunkan 11 atlet. Dimana 8 atlet berhasil memperoleh medali.

“Kita mengikuti kategori umum. Ada 11 kontingen yang ikut. Dan kita berhasil menjadi juara umum dengan 8 medali yang terdiri dari,  4 emas, 1 perak dan 3 perunggu,” tandas Okto, di Mapolda Maluku, Selasa (23/11).

Dengan modal kemenangan tersebut, Okto mengaku optimis tim yang dilatihnya bersama Aipda Deny Pesiwarissa, dan Aipda Wamnebo ini siap untuk mengikuti kejuaraan memperebutkan piala Kapolri tahun depan.

Baca Juga: Warga Tawiri Kembali Palang Jalan Menuju Bandara

“Kita juga rencananya akan mengikuti piala Kapolri untuk pertama kalinya membawa nama Polda Maluku. rencananya tahun depan,” tambah dia.

Pelatih lainnya Aipda  Deny Pesiwarissa menambahkan, 8 atlet Karate Polda Maluku yang diturunkan yaitu Bripda Ryan Resimena, Bripda Paul Payung, Bripda Dirk Sahertian, Bripda Maikel Risambessy, Bripda Firsan, Bripda Julio Paays, Bripda Yvette Maitimu, dan Marsel Kuhuparu.

Ryan Resimena berhasil meraih medali perak kategori kumite pada kelas 84 kg, Paul Payung meraih medali perunggu kategori kumite pada kelas +84 kg dan Maikel Risambessy juga meraih medali perunggu untuk kelas 75 kg di katagori kumite.

Untuk kelas 60 kg, Julio Paays sukses menyumbangkan medali emas kategori Kumite dan medali perunggu kategori kata. Di kelas -68 kg putri, Yvette Maitimu sukses menyabet 2 medali emas pada kategori kata dan kumite, sedangkan Marsel Kuhuparu, sukses menyumbangkan 1 medali emas untuk kategori kumite pada kelas 55 kg putra.

“Kami untuk pertama kalinya membawa nama kontingen Polda Maluku dan sukses meraih juara umum dalam kejuaraan Piala Rektor Unpatti,” tambahnya.

Untuk diketahui, kejuaraan Karate Cup II Rektor Unpatti terbagi dalam kategori. Kategori SMA diikuti 23 sekolah di Maluku. Sementara kategori perguruan tinggi diikuti 10 kontingen, dan kategori umum diikuti oleh 11 kontingen. (S-45)