AMBON, Siwalimanews –  Tim Komnas Ham RI, mengunjungi para pengungsi asal Negeri Kariu yang kini berada di Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

“Maksud dan tujuan kedatangan Tim Komnas Ham RI di Negeri Aboru adalah dalam rangka pemantauan dan penyelidikan terkait keberadaan masyarakat Negeri Kariu yang berada di lokasi pengungsian yang ada di negeri tersebut, sekaligus meninjau kamp-kamp warga Kariu,” ungkap Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo kepada wartawan, di Mapolresta Ambon, Rabu (20/7).

Dalam kunjungan itu kata Utomo, tim melakukan pertemuan dan saling shering  terkait status dan keberadaan masyarakat Negeri Kariu serta permasalahan yang terjadi antara Negeri Aboru dan Negeri Hulaliu.

“Tadi ada shering terkait status Negeri Kariu juga persoalan Negeri Aboru dan Hulaliu, selanjutnya tim melanjutkan perjalanan ke Negeri Kariu untuk meninjau lokasi perumahan warga pasca konflik sosial,” jelasnya.

Tak hanya melakukan kunjungan, tim Komnas Ham RI ini juga rencananya akan bermalam di Negeri Aboru, untuk menyelidik lebih lanjut asal muasal konfik sampai terjadi.

Baca Juga: Belsigway: DPRD Harus Terima Kritikan Masyarakat

“Tim akan bermalam di Negeri Aboru dan akan Kembali ke Kota Ambon, Kamis (21/7),” bebernya. (S-10)