Komisi IV akan Evaluasi Seleksi Penerimaan Siswa

AMBON, Siwalimanews – Komisi IV DPRD Maluku akan mengevaluasi sistim Penerimaan seleksi siswa baru yang dilakukan secara online pada tingkat SMA dan SMK.

Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary mengatakan,  ko­misi akan lebih fokus melakukan evaluasi terhadap hasil seleksi pada SMA favorit di Kota Ambon seperti, SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 dengan jumlah pendaftar yang be­gitu banyak.

“Kita akan lebih fokus pada eva­luasi hasil seleksi online,” tutur Ata­pary kepada wartawan, Selasa (16/6).

Disisi yang lain, Komisi IV akan melihat apakah hasil yang ada telah sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dalam rapat bersama, Jumat (12/6) seperti sistem zonasi serta mak­­simum kuota siswa baru atau tidak.

Selain itu, akan dilihat apakah setelah hasil dikeluarkan masih ada komplein dari peserta seleksi atau tidak, sehingga kelulusan siswa baru diharapkan dapat memberikan keadilan bagi semua siswa yang mendaftar untuk mengenyam pen­didikan pada sekolah yang selama ini dianggap maju.

Atapary menegaskan, evaluasi seperti ini sangat penting dilakukan DPRD, sebagai bagian dalam men­jalankan fungsi pengawasan, karena pada kenyataannya masih banyak sekolah-sekolah yang kekurangan siswa karena sekolah unggulan merebut semua siswa.

“Nanti dilihat sesuai kuota apakah yang lulus sudah sesuai dengan jalur disepakati atau memang ada sedikit melenceng, dengan faktor titipan dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan hasil seleksi SMA Siwalima, Atapary me­ngatakan, pihaknya akan lebih kon­sen melakukan evaluasi hasil seleksi SMA unggulan ini. Secara khusus soal kuota yang diperuntukan untuk siswa. “Kan untuk siswa miskin seba­nyak 80 kursi dan 20 kursi bagi siswa yang berprestasi tetapi tidak terma­suk dalam kategori miskin, itu yang akan kita lihat,” tegasnya.

Politisi PDIP ini menam­bahkan, jika dari hasil evaluasi komisi ter­nyata ada kecende­rungan hasil yang dikeluar­kan tidak sesuai de­ngan kesepakatan bersama, maka komisi akan meminta dinas untuk memperhatikan hal-hal sebagai catatan untuk pembenahan lebih lanjut. (Mg-4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *