AMBON, Siwalimanews – Guna mencegah terjadinya banjir terjadi kembali di kawasan Jalan AY Patty saat hujan, maka Komisi III DPRD Maluku minta Dinas PUPR untuk segera mengatasi permasalah tersebut.

Sekretaris Komisi III Rovik Akbar Affifuddin kepada Siwalimanews, Kamis (25/11) melalui telepon selulernya mengaku, masih terjadinya banjir di kawasan AY Patty ini dikeranakan, terjadi masalah pada saluran yang berada di depan Kantor PT Pelni.

“Sebenarnya problemnya terletak pada saluran di depan Pelni yang lebih tinggi dibandingkan dengan saluran sekunder dari AY Patty yang mengarah ke laut, karena itu pintu air ke laut,” ungkap Affifuddin.

Komisi III kata Affifudin, telah minta Dinas PUPR Maluku untuk menangani persolan dimaksud, dengan jalan membongkar saluran yang berada didepan Pelni tersebut, jika tidak maka saat air pasang akan terjadi banjir, akibat dari pertemuan kedua arus air.

Apalagi, sistim drainase yang ada di Kota Ambon merupakan sistim yang lama dan jika dibongkar untuk direhabilitasi akan membutuhkan anggaran yang cukup besar, sehingga salah satu langkah yang dapat dilakukan ykni dengan menangani sumber yang menyebabkan banjir.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Tiga Penerbangan Diahlikan ke Sorong

Affifuddin juga mendorong Pemerintah Provinsi Maluku khususnya Dinas PUPR untuk segera berkoordinasi dengan pihak Pelni agar saluran yang berada didepan kantor tersebut dibongkar, sehingga seluruh sirkulasi air dari kawasan AY Patty kembali normal. (S-50)