AMBON, Siwalimanews – Komisi III DPRD Provinsi Maluku akan melakukan pengawasan di Pulau Haruku, sekaligus meninjau langsung proyek air bersih yang mangkrak di kecamatan tersebut, Kamis (24/6) mendatang.

Kepastian ini disampaikan anggota DPRD Provinsi Maluku, M Fauzan Husni Alkatiri kepada Siwalimanews usai melakukan pertemuan bersama mitra dalam rangka pengawasan lanjutan.

“Kamis kita turun di Haruku untuk awasi semua proyek termasuk air bersih,” ungkap Alkatiri.

Komisi III kata Alkatiri, akan terus mengawasi seluruh kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran rakyat, bukan hanya kegiatan fisik namun juga kegiatan yang bersifat konstruksi.

“Kegiatan yang bersifat menggunakan dana rakyat, itu tidak boleh luput dari pengawasan, memang beberapa kegiatan kita dapatkan dari mitra secara detail, terutama mitra dari Balai Sungai itu sangat kooperatif,” ujar Alkatiri.

Baca Juga: Maatita Minta Warga tak Lakukan Konvoi

Ia mengaku, dalam pengawasan komisi telah mendapat banyak aduan dari masyarakat dan telah ditindaklanjuti dengan meminta pihak kontraktor menyelesaikannya. Sementara terkait dengan temuan selama pengawasan, itu akan diekspos oleh komisi secara kelembagaan, sehingga menjadi bahan masukan bagi pemerintah daerah.

Terkait dengan proyek SMI, Alkatiri mengaku, ketika komisi mendapatkan temuan, komisi hanya dapat meminta mitra untuk memperbaiki, sebab pekerjaan masih dalam masa kontrak.

“Kita tidak bisa mengatakan bahwa ada temuan hukum, sepanjang masih ada masa kontraknya, tetapi dari komisi masih bisa berikan yang namanya rekomendasi yang bersifat teknis perbaikan,” jelasnya. (S-50)