AMBON, Siwalimanews – Komisi II DPRD minta Pemkot Ambon untuk berkoordinasi dengan pihak Surya Institut agar dapat mengembalikan tiga siswa asal sekolah itu yang pulang ke Ambon dikarenakan pandemi covid-19.

Ketua Komisi II Jafry Taihuttu, kepada wartawan usai pertemuan dengan Dinas Pendidikan dan orang tua siswa, Kamis (27/8) mengatakan, bahwa sesuai komunikasi orang tua, pihak Surya Institut sangat welcome untuk mereka kembali.

“Untuk mengembalikan mereka konsekwensinya anggaran. Pemkot juga harus dapat melakukan komunikasi yang intens bersama dengan Surya Institut melalui pa edwin sebagai perwakilan di Ambon,” ujarnya.

Pasalnya, program pendidikan ini sangat baik dan ini mesti ditindak lanjuti juga secara baik. Untuk itu, komisi akan mengawal sekaligus berkoordinasi dengan dinas dan juga pihak BPKAD sehingga berjalan sesuai dengan lancar.

Sementara itu Kadis Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy menambahkan, ketiga anak ini atas permintaan dari orang tua mereka harus kembali ke Ambon, karena situasi covid.

Baca Juga: Ambon Role Model Pelayanan Publik

Padahal pada sekolah itu tidak membolehkan anak-anak keluar sekolahnya apalagi pulang ke kampung halamannya.

“Saat ini mereka ingin kembali, sehingga harus difasilitasi lagi oleh pemerintah untuk mereka kembali ke sekolahnya,” ucap Salatalohy.

Ia berharap, solusi yang sudah disepakati agar anak-anak ini dikembalikan ke sekolah lagi akan diperhatikan oleh pemkot. Pasalnya jika mereka tak kembali ke sekolah, maka pemkot akan rugi.

“Untuk itu, teman-teman di komisi sudah sampaikan itu dan harus didorong agar ketiga anak ini dapat kembali masuk ke sekolah,” tutupnya. (Mg-5).