AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Timur Alimudin Kolatlena, mendesak Pemkab SBT untuk mengantisipasi dampak abrasi pada beberapa desa di kabupaten itu.

Desakan ini disampaikan Kolatlena, setelah melihat secara langsung kondisi beberapa desa di SBT, khusunya Desa Tunsai, Abuleta dan Werinama yang terdampak abrasi.

“Di musim penghujan ini, ada beberapa desa telah terjadi erosi dan abrasi misalnya Desa Tunsai, Abuleta dan Desa Werinama,” ungkap Kolatlena kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Rabu (19/5).

Menurutnya, akibat dari curah hujan yang cukup tinggi, disertai ombak telah mengakibatkan abrasi yang telah menghancurkan TPU milik warga setempat.

“Pada desa-desa itu banyak sekali TPU milik warga setempat yang jatuh akibat abrasi itu,” ujar Kolatlena.

Baca Juga: Traffic Light Rusak Arus Lalulintas Semerawut

Menurutnya, dengan kondisi ini, maka Pemkab SBT maupun pemprov, harus segera mengintervensi dengan kebijakan pembangunan infrastruktur berupa talud penahan ombak, agar tidak terjadi abrasi yang merugikan masyarakat.

Jika tidak, maka dipastikan semua TPU di desa-desa ini beberapa tahun kedepan akan hilang, apalagi kejadian ini bukan baru pertama kali terjadi, melainkan sudah sejak beberapa tahun lalu, namun tidak ada intervensi kebijakan dari pemerintah.

“Saya mengharapkan pemkab dapat selesaikan persoalan klasik yang ada, agar masyarakat tidak hidup dalam kekhawatiran, akibat abrasi pantai tersebut,” harap politisi Partai Gerindra ini. (S-50)