NAMLEA, Siwalimanews – Komandan Kodim 1506/Namlea mendorong  Babinsa Waemorat, Serda S Htalesy  bersama Pemerintah Desa, Babinkamtibmas dan petugas kesehatan membentuk Posko PPKM di Desa Waemorat, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru.

Humas Kodim 1506/Namlea dalam siaran persnya Minggu (13/6) menjelaskan , dibentuk lagi Posko PPKM di Desa Waemorat Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru dan telah diresmikan oleh Babinsa Serda S Hatlesy, Sabtu (12/6).

Menurut Pasiter, Kapten Inf Muhammad Haris Tumenggung, peresmian Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Desa Waemorat sangat diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

“Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” kata Tumenggung.

Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa  memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Baca Juga: Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Buru

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas.

Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” ujar Tumenggung.