AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI/Pattimura adalah salah satu Kotama TNI AD yang memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional jajaranya dan menyelenggarakan operasi tingkat strategis sesuai kebijakan Panglima TNI.

Untuk itu, satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura harus diawaki oleh personel yang memiliki kemampuan tempur sebagai pasukan penangkal yang handal untuk selalu siap dikerahkan di wilayah Maluku dan Maluku Utara serta tanggap terhadap segala bentuk dan jenis ancaman yang timbul.

Guna  meningkatkan kemampuan bertempur dalam aspek taktik dan tehnik militer, jasmani, menumbuhkan semangat jiwa korsa dan  moralitas yang baik sehingga memiliki kemampuan yang handal dalam mendukung tugas pokok TNI-AD, maka Kodam XVI/Pattimura menggelar pelatihan tehnik dan taktik tempur bagi perwira dan bintara tahun anggaran 2020 yang dipusatkan di Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan latihan taktik dan teknik bertempur tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan program komando atas yang diisi bukan hanya sekedar teori tapi juga pengaplikasiaanya di medan sebenarnya.

Latihan ini dibuka langsung oleh Kkasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan yang dilaksanakan selama 30 hari ke depan dan melibatkan 107 personel Kodam XVI/Pattimura, dengan materi latihan diantaranya, teknik dasar pertempuran, teknik brifing, patroli, ilmu medan, logmalap atau keslap, sanjak, komunikasi radio, menembak senjata ringan, renang taktis, pertempuran jarak jauh, survival, infiltrasi dan eksfiltrasi.

Baca Juga: Beatrix: Hidup Sehat Investasi Masa Depan

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam minta setiap prajurit untuk melaksanakan latihan ini dengan optimal, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab serta ikuti aturan dan prosedur tetap latihan yang berlaku sesuai ketentuan.

“Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan, baik personel maupun materiil selama pelaksanaan latihan serta hindari kerugian yang tidak perlu, agar pelaksanaan latihan ini berhasil dengan baik,” pinta Pangdam.(S-21)