AMBON, Siwalimanews – Tahun Baru Islam/Hijriyah merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam, karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Beragam cara dilakukan umat  Muslim dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah yang bertepatan pada 1 September 2019. Peringatan Tahun Baru Islam di Kodam XVI/Pattimura disambut dengan dzikir dan tausiah bersama yang dipusatkan di Masjid Ijtihad Belakang Kota.

Acara yang bertajuk “Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 141 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Iman, Takwa dan Professional serta Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI” ini dikemas dengan shalat Dzuhur berjamaah dan tausiah agama yang disampaikan oleh Dr. Moh. Rahamyantel.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodam XVI/Pattimura, agar tema yang diangkat ini, dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam menyongsong tugas-tugas mendatang yang semakin berat dan kompleks.

“Marilah kita jadikan hikmah peringatan Tahun Baru 1441 Hijriyah ini untuk mendorong semangat kita dalam meningkatkan kinerja demi pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, agar kita bisa menjadi manusia yang dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemaslahatan umat manusia dan alam sekitar kita,” ajak Pangdam.(S-21)

Baca Juga: Gubernur: Sangat Rugikan Maluku